Dark/Light Mode

Disdik Larang Study Tour Pelajar Ke Luar Kota

Yuk Kita Ke Pulau Seribu, Destinasinya Keren Lho...

Selasa, 28 Mei 2024 06:50 WIB
Wisatawan lokal sedang santai sambil menikmati keindahan Pantai Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Foto: IG/pulauseribuofficial)
Wisatawan lokal sedang santai sambil menikmati keindahan Pantai Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Foto: IG/pulauseribuofficial)

 Sebelumnya 
Dalam Surat Edaran (SE) Nomor e-0017/SE/2024 yang berlaku sejak 30 April 2024, Disdik DKI Jakarta melarang sekolah mengadakan kegiatan study tour maupun acara per­pisahan ke luar kota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo mengatakan, SE tersebut berlaku untuk semua sekolah di Jakarta, baik negeri maupun swasta.

Baca juga : Si Ular Besar Gagal Bawa Poin Penuh

“Kalau ada sekolah yang melakukan di luar itu, berarti dia perlu pembinaan,” tegas Purwosusilo dikutip dalam keterangannya.

Dibeberkan Purwosusilo, pi­haknya mengeluarkan larangan karena sejumlah pertimbangan. Antara lain, biaya yang dibu­tuhkan untuk acara kelulusan hingga study tour keluar kota cukup besar dan memberatkan wali murid. Selain itu, kegiatan yang digelar di luar sekolah dapat membahayakan murid.

Baca juga : Menang 1 Lagi, Mavs Juara

Apalagi, diungkap Purwosusi­lo, ada beberapa wali murid yang mengeluh pihak sekolah ngotot mengadakan kegiatan di luar sekolah. Menindaklanjuti hal ini, Disdik DKI Jakarta memanggil pihak sekolah tersebut.

Dia pun menginstruksikan Suku Dinas (Sudin) Pendidikan di kota administrasi Jakarta melakukan monitoring kegiatan sekolah.

Baca juga : Pejabat Kementan Dipalak

“Dari awal tindakan persuasif kami lakukan, mulai dari tidak ada tabungan untuk kegiatan akhir tahun dan sebagainya,” tegasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul Disdik Larang Study Tour Pelajar Ke Luar Kota, Yuk Kita Ke Pulau Seribu, Destinasinya Keren Lho...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.