Dark/Light Mode

Menolak Pindah Dari Area Proyek JIS

Warga Tagih Janji Anies Bangun Kampung Deret

Senin, 1 Maret 2021 06:00 WIB
Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (12/2/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (12/2/2021). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

 Sebelumnya 
“Waktu rapat itu, dari warga Kampung Bayam ada 10 orang, dari Jakpro ada 3 personel,” kata pria 32 tahun ini.

Design Officer Jakarta Internasional Stadium (JIS) PT Jakpro, Ni Wayan Anantasia mengatakan, rencana pembangunan Kampung Deret disebut masih dalam tahap pengkajian.

“Karena dalam hal pengembangan rumah deret itu bisa saja masuk ke dalam pengembangan zona hijau. Harus kita diskusikan dan godok, kira-kira apakah ini masih layak atau tidak,” sambungnya.

Namun, Tasia tidak bisa menyebutkan kapan waktunya rencana tersebut akan diputuskan.

Baca juga : Sehari, Israel Tahan 30 Warga Palestina Di Tepi Barat

Kena Gusur

Sejumlah pedagang tanaman hias yang berjualan di pinggir jalanan di Jalan Danau Sunter Barat, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara juga kena dampak pembangunan JIS. Mereka akan segera direlokasi.

Lurah Sunter, Agung Danang Wijanarka mengatakan, pedagang tanaman hias di jalan ini akan mendapat uang pengganti sebesar Rp 4 juta melalui Bank DKI setelah mereka pindah.

“Biaya penggantian dengan narasi membeli tanaman dengan nilai Rp 4 juta untuk 31 pedagang. Setiap orang wajib memiliki rekening Bank DKI dan dibayarkan ketika pedagang sudah pindah,” ujarnya

Baca juga : BMKG: Daerah-Daerah Ini Masuk Siaga Banjir Atau Bandang

Batas waktu relokasi pedagang tanaman hias paling lambat Maret 2021. Relokasi tempat ditentukan oleh Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jakarta Utara sesuai ketersediaan lahan.

Sebagian besar pedagang tanaman hias menyatakan nurut saja dengan keputusan pemerintah.

Perwakilan pedagang, Solihah, mengaku belum mengetahui pasti akan direlokasi ke mana. Pedagang berharap tempat baru nanti letaknya tak jauh dari tempatnya berjualan tanaman hias saat ini.

“Katanya dipindah ke dekat lapangan golf, Kemayoran. Tapi, belum tau pasti karena katanya lagi disiapkan tempatnya. Kalau lokasi pindahnya jauh dari lokasi yang sekarang, pelanggan akan hilang,” ungkapnya.

Baca juga : Keluarga Minta Masiku Jangan Ngumpet Terus

Setengah Jalan

Direktur Proyek PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin mengatakan, pembangunan JIS telah memasuki minggu ke-77.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.