Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ini 63 Titik Yang Disekat Polda Metro Jaya Selama PPKM Darurat

Jumat, 2 Juli 2021 22:07 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan penyekatan terhadap 63 titik ruas jalan di Jabodetabek. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai pada 3-20 Juli 2021.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, 63 titik itu terdiri dari 28 ruas jalan di batas kota dan jalan tol yang merupakan akses keluar-masuk Jakarta. 

Berita Terkait : Tindak Tegas Kepala Daerah Yang Abaikan PPKM Darurat

Kemudian, 21 titik, merupakan area yang rawan pelanggaran protokol kesehatan. Sementara 14 titik, merupakan pengendalian mobilitas yang diawasi dengan patroli. "Maka ada 63 titik yang akan kita jaga, " ujar Sambodo, Jumat (2/7).

Sambodo menegaskan, waktu penyekatan berbeda-beda, ada yang dimulai pada Jumat malam, dan ada pada Sabtu (3/7) dini hari. Untuk 28 titik penyekatan di batas kota dan jalan tol akan disekat sejak pukul 00.00 WIB dini hari nanti.

Berita Terkait : Tengah Malam Ini, Polda Metro Jaya Tutup Akses Keluar Masuk Jakarta

Kemudian, 14 lokasi pengendalian mobilitas, akan diberlakukan sejak pukul 20.00-04.00 WIB. Waktu tersebut dimajukan satu jam dari yang dijadwalkan sebelumnya, yakni pukul 21.00 WiB. Sementara 21 titik yang merupakan area yang rawan pelanggaran protokol kesehatan, sudah duluan disekat.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menegaskan, langkah penyekatan ini harus diambil untuk menekan lonjakan angka positif Covid-19.

Berita Terkait : Catat! Ini Jam Operasional Bank Mandiri Saat PPKM Darurat

"Angka BOR (keterisian ranjang rumah sakit) yang di atas 90 persen ini juga menjadi suatu yang mengkhawatirkan kita semua. Daya tampung rumah sakit memiliki keterbatasan. Apabila ini terus dibiarkan, kita tiba pada suatu keadaan, yang bisa menyebabkan terbatasnya bahkan berkurangnya kemampuan tenaga medis kesehatan kita," jelas Fadil.

Berikut 28 titik Pembatasan Mobilitas di dalam tol, dalam Batas Kota atau Provinsi dan Jalur Utama:
 Selanjutnya