Dark/Light Mode

Dapat Hibah Rp 538,9 Miliar

Hore, Honor 81.658 Guru Swasta Naik Rp 50 Ribu

Senin, 8 November 2021 07:05 WIB
Koordinator Komisi E DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani. (Foto: Dok. PAN)
Koordinator Komisi E DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani. (Foto: Dok. PAN)

 Sebelumnya 
“Kami berharap dana hibah ini dapat menyejahterakan dan terus memotivasi para tenaga didik untuk berupaya meningkatkan kompetensi dalam mengajar,” imbuhnya.

Kepala Disdik DKI, Nahdiana mengamini tenaga pengajar akan mendapat kenaikan honor Rp 50 ribu. “Itu karena anggaran dana hibah naik 10 persen,” ungkapnya.

Baca juga : Miris, Guru Di Pandeglang Cuma Digaji Rp 50 Ribu

Nahdiana menjelaskan, dana hibah itu bukan hanya untuk guru honorer swasta. Namun, juga untuk guru swasta yang sudah tetap dan guru swasta dengan penghasilan yang sudah mapan. Mereka akan menerima hibah bila namanya tercantum di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Guru-guru itu bakal mendapat honor sebesar Rp 550 ribu per bulan, selama 12 bulan atau satu tahun.

Baca juga : Hore, Tarif Tertinggi Tes Antigen Di Jawa Bali Kini Cuma Rp 99 Ribu

Dalam penyaluran honor, dana hibah akan dikirim ke rekening Bank DKI milik Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DKI dan pendidik PAUD melalui Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI). Kemudian, PGRI dan HIMPAUDI akan menyalurkan honor guru swasta setiap bulan kepada guru-guru yang sudah terverifikasi dari total puluhan ribu guru swasta, yang tercatat di Kemendikbudristek.

Sebelumnya, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) DKI Jakarta, Imam Parikesit mengungkapkan, masih ada guru swasta di Jakarta yang tak mendapatkan upah layak.

Baca juga : Digaji Rp 59 Miliar, Chiellini Diikat Juventus Sampai 2023

“Penghasilan guru swasta sangat minum. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye DKI itu gajinya Rp 4,2 juta. Tapi guru swasta di DKI masih ada yang bergaji Rp 1 juta,” kata Imam, belum lama ini.

Imam menuturkan, guru mengemban tugas yang amat besar. Salah satunya, mencerdaskan anak bangsa, yang menjadi beban guru untuk mencapai cita-cita bangsa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.