Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pensiun Dari Panglima TNI

Hadi Diparkir Di Mandalika

Selasa, 11 Januari 2022 08:57 WIB
Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kedua kanan) saat mengecek persiapan MotoGP Mandalika, di Lombok, NTB, Minggu (9/1). (Foto: Dok. Sirkuit Mandalika)
Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kedua kanan) saat mengecek persiapan MotoGP Mandalika, di Lombok, NTB, Minggu (9/1). (Foto: Dok. Sirkuit Mandalika)

 Sebelumnya 
Kapolda NTB, Irjen Djoko Poerwanto juga menyampaikan, MotoGP Mandalika harus dipersiapkan secara matang. Sebab, saat pelaksanaan itu, miliaran mata dari berbagai penjuru dunia menatap Indonesia.

"MotoGP di Sirkuit Mandalika menyangkut nama Indonesia di mata internasional. Jadi, persiapannya harus benar-benar maksimal, termasuk persiapan pengamanan yang menjadi tugas Polri dan TNI," ujarnya.

Baca juga : Arsenal Tersingkir Dari Piala FA, Arteta Minta Maaf

Dengan “diparkir” di Mandalika, bagaimana kelanjutan karier Hadi? Masih adakah peluang masih kabinet?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno melihat, sejauh ini, Jokowi masih nyaman dengan semua pembantunya di kabinet. Buktinya, meski banyak desakan reshuffle sejak tahun lalu, Jokowi bergeming. Dengan kondisi ini, bisa-bisa, tahun ini juga tidak ada reshuffle.

Baca juga : Pembantaian Anjing Liar Di Mandalika, Keji Dan Tak Manusiawi

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, Jokowi tengah menjaga keseimbangan. Pasalnya, kurang etis mengganti KSP Moeldoko dengan Hadi. “Terlebih, Moeldoko lebih senior dari Hadi," katanya.

Di tengah perjalanan menuju dinamika 2024, Ujang melihat, Jokowi lebih hati-hati dalam membuat keputusan. Semua ada kalkulasi politiknya. Artinya, bicara Hadi dan Moeldoko, bukan semata-mata nyaman atau atau percaya. Meski dianggap banyak blunder terhadap pemerintahan Jokowi, Ujang menyatakan, jasa Moeldoko kepada Jokowi juga banyak. 

Baca juga : Kena Omicron, Apa Yang Harus Dilakukan?

Soal jabatan Hadi sebagai Komandan Mandalika, Ujang menyatakan, tidak masalah. Hadi pun wajib melaksanakan tugas itu dengan baik. “Namanya juga tugas dari Presiden. Jadi, harus dilaksanakan. Mungkin tugas sementara. Kapan-kapan bisa saja akan dapat jabatan lain yang lebih wow dan strategis," tutur Ujang. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.