Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pengusutan Kasus Heli AW-101

Kejagung Nunggu Muntahan KPK

Sabtu, 15 Januari 2022 07:25 WIB
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (Foto: Istimewa)
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejaksaan Agung (Kejagung) bersedia mengusut kasus korupsi pengadaan helikopter AW-101 TNI Angkatan Udara (AU). Namun Korps Adhyaksa menunggu keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang lebih dulu menangani kasus ini.

“Kita belum menentukan langkah apapun dalam penangananperkara korupsi pengadaan heli AW-101,” kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Berita Terkait : Cegah Korupsi Dana Desa, Ini Yang Dilakukan KPK

Ditekankan, pengusutan perkara korupsi ini masih menjadi wewenang KPK. “Kita tidak bisa begitu saja masuk dan mengambil alih penanganan perkara tanpa koordinasi terlebih dulu,” katanya.

Sebelumnya, Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan hal serupa. Menurutnya, sekalipun Kejagung punya kompetensi menangani perkara di lingkup militer, tak bisa begitu saja cawe-cawe dalam mengusut perkara ini.

Berita Terkait : Kejagung Makin Keren Nih

“Karena informasinya ditangani oleh KPK, jadi tentunya kami tidak bisa saling mendahului,” tandasnya.

Meski KPK membuka opsi untuk melimpahkan perkara ini, kejaksaan menunggu koordinasi. “Kita tidak akan begitu saja mengambil alih kasus ini. Kami belum sampai ke sana,” kata Jaksa Agung.

Berita Terkait : Penumbuhan Literasi Bukan Tanggung Jawab Satu Pihak Saja

Jika KPK sudah resmi melimpahkan penanganan perkara ini, pihaknya siap mengambil alih dan melakukan proses hukum secara proporsional.
 Selanjutnya