Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keroyokan Taklukin Harganya Yang Menggila

BUMN Gelontorin Migor 750 Ribu Liter Per Bulan

Sabtu, 15 Januari 2022 06:50 WIB
Operasi pasar minyak goreng murah.(Foto: dok. Kementerian BUMN).
Operasi pasar minyak goreng murah.(Foto: dok. Kementerian BUMN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi salah satu ujung tombak di dalam menaklukan harga minyak goreng (migor). Perusahaan pelat merah menargetkan, hingga Mei, bisa menggelontorkan 3,7 juta liter.

Direktur utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI selaku induk holding, Arief Prasetyo Adi mengatakan, PTPN Group telah menyiapkan sebanyak 750.000 liter minyak goreng per bulan.

Baca juga : Berupaya Turunkan Harga Minyak Goreng, PTPN Gencarkan Operasi Pasar

“Seperempat dari produksi PTPN I hingga XIV sudah didedikasikan untuk (operasi pasar) minyak goreng seharga Rp 14 ribu. Untuk pendistribusian, salah satunya lewat PPI (PT Perusahaan Perdagangan Indonesia), anak usaha holding,” ujar Arief kepada Rakyat Merdeka, Rabu (12/1).

Ia menjelaskan, dalam rantai pasok (supply chain) pangan, setiap BUMN memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Holding ini dikondisikan untuk tugas komersial, namun dengan harga yang masih terjangkau.

Baca juga : Pedagang Girang, Mendag Salurin Migor 14 Ribu/Liter

“Holding ini juga untuk membangun ekosistem pangan, dari hulu ke hilir. Kami mulai dengan refocusing bisnis. Misalnya, kami harus unggul di komoditas gula dan benih. Maka fokus dulu di situ, baru berkembang ke yang lainnya,” ungkapnya.

Ekosistem yang dimaksud, sambung Arief, yakni memastikan adanya pasokan, kualitas dan keberlanjutan pangan. Untuk itu, pihaknya tengah mengkonsolidasikan jumlah stok pangan dari seluruh anggota holding.

Baca juga : Pertamina Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja Di Blok Rokan

Saat ini, ID Food telah memiliki lima pabrik gula dengan total kapasitas mencapai 280 ribu ton setahun. Dan, jumlah ini telah berkontribusi sekitar 13-14 persen gula nasional. Begitu juga dengan benih, yang selama ini menjadi fokus bisnis dari anggota holding pangan, yaitu PT Sang Hyang Sri (Persero).

“Kalau untuk pabrik minyak goreng, kami ada juga di anak usaha RNI, PT Perkebunan Mitra Ogan, Sumatera Selatan,” sebutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.