Dark/Light Mode

Hartanya Naik 4 M

Gibran: Utang Juga Nambah

Sabtu, 12 Februari 2022 08:30 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Harta kekayaan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka nambah Rp 4 miliar. Penambahan ini pun jadi buah bibir di linimassa. Menanggapi hal ini, Gibran santai saja. Kata putra sulung Presiden Jokowi tersebut, utangnya juga nambah.

Bertambahnya harta Gibran tertera di situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK, yaitu elhkpn.kpk.go.id. Dari situs itu, per 5 Februari 2022, harta Gibran mencapai Rp 25.292.783.659. Angka ini naik sekitar Rp 4 miliar dari yang dilaporkan sebelumnya, saat maju di Pilkada Solo 2020. Total harta Gibran ketika itu adalah Rp 21.152.810.130.

Baca juga : Gerindra Anggap Terlalu Prematur

Saat ditanya bertambahnya harta kekayaan ini, Gibran tak menampik. Sebab, ia memang baru merevisi data LHKPN itu pada Januari tahun ini. Menurutnya, memang ada tambahan aset dalam setahun ini. "Cuma beli tanah kemarin," kata Gibran, kepada wartawan, kemarin.

Tak cuma soal tambahan harta, Gibran juga menjawab soal utangnya. Ia mengaku, masih memiliki tanggungan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Baca juga : Corona Naik Lagi, PTM Lanjut Apa Stop

"Dilihat sendiri. Tambah dikit (utang)," lanjutnya.

Jika merujuk LHKPN sebelumnya, Gibran memang punya tanggungan utang sebesar Rp 895 juta. Meskipun punya utang dan kerap tampil sederhana, Wali Kota usia 34 tahun ini adalah kepala daerah terkaya di Jawa Tengah.

Baca juga : Istana Gerah

Kakak kandung Kaesang Pangarep itu bahkan terpaut jauh dengan kepala daerah terkaya kedua di Jawa Tengah, yakni Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. Dedy memiliki total kekayaan mencapai Rp 15.271.644.802. Selisih sekitar Rp 10 miliar dari Gibran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.