Dark/Light Mode

Bumil Divaksin Yuk, Bisa Cegah Bayi Dirawat Inap Lho...

Jumat, 18 Februari 2022 09:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil melakukan vaksinasi (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi ibu hamil melakukan vaksinasi (Foto: Shutterstock).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik untuk ibu hamil (bumil) nih. Vaksinasi Covid-19 pada perempuan hamil dapat membantu mencegah rawat inap Covid-19 pada bayi setelah mereka lahir.

Akun @pandemictalks mengungkap studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Bahwa, bayi di bawah usia 6 bulan memiliki kemungkinan 61 persen lebih kecil untuk dirawat di rumah sakit karena infeksi Covid- 19, apabila selama kehamilan sang ibu menerima vaksin Covid-19 dua dosis Pfizer atau Moderna.

Sedangkan vaksinasi di akhir kehamilan, dikaitkan dengan tingkat perlindungan yang lebih tinggi untuk bayi, sebesar 80 persen, terhadap risiko rawat inap akibat infeksi Covid- 19. Adapun studi yang dilakukan CDC memberikan beberapa bukti nyata bahwa antibodi bersifat protektif pada bayi baru lahir.

Baca juga : Balik Dari Mandalika, Honda Pede Bisa Juara Dunia Lagi

“Ditemukan sebanyak 84 persen bayi yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi virus Corona dalam penelitian ini lahir dari ibu yang tidak divaksinasi,” ungkap @pandemictalks.

Akun @baiqdianti merasa senang mendengar vaksinasi bisa melindungi dan mencegah rawat inap pada bayi saat lahir. Dia mengucap syukur alhamdulillah, sudah beres sampai vaksin kedua. Kini, kata dia, masanya menunggu lahiran.

Syukurlah kids in the future will be safe,” ujar @ylovin11. “Informasi begini bikin agak tenang, deg-degan banget pas disuruh suntik dosis 3 (booster) sama obgyn (dokter kandungan). Alhamdulillah sudah booster Pfizer Januari lalu,” tambah @bjellina.

Baca juga : Kenapa Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid?

Akun @hendrawjyaaa menceritakan, istrinya mengalami sendiri efektivitas vaksinasi ibu hamil untuk perlindungan bayi setelah lahir. Kata dia, dua hari sebelum HPL (hari penghitungan lahir) istriku positif Covid-19. Dan proses persalinan berjalan dengan status istriku positif Covid-19.

“True, istriku mengalami sendiri. Alhamdullilah bayinya negatif,” ungkapnya.

Akun @oinsilalahii merasa beruntung sudah menjalani vaksinasi lengkap. “Puji Tuhan kemarin Pfizer dua dosis selesai pas akhir November 2021, awal Desember tahun ini anakku lahir,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.