Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keterwakilan Perempuan Minim

Mbak Yenny, Nyapres Yuk!

Jumat, 4 Maret 2022 08:15 WIB
Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid dianggap layak maju di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)
Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid dianggap layak maju di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid dianggap layak maju di Pilpres 2024. Banyak pihak yang menyambut baik pengusungan putri Presiden Indonesia Keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

Adalah Barisan Kader (Barikade) Gus Dur yang menjagokan Yenny Wahid di ajang Pilpres 2024. Mereka optimis, kalau Yenny menjadi kontestan di pesta demokrasi mendatang, akan disambut baik oleh rakyat.

“Kami pasti mendukung, karena beliau kan putrinya Gus Dur. Lebih dari itu, arus bawah juga banyak yang menghendaki Mba Yenny menjadi pemimpin nasional,” ujar Sekretaris Jenderal Barikade Gus Dur, Pasang Haro Rajagukguk, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Antre Pagi, Dapat Sore

Haro menceritakan, gelagat akar rumput mendukung Mba Yenny ini tidak hanya datang dari dunia maya seperti poster-poster di jejaring WhatsApp. Belakangan, muncul gambar dukungan mencapreskan Yenny Wahid, salah satunya bertuliskan Barikade Gus Dur.

Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maaruf ini mengatakan, tidak sulit baginya menjelaskan, sosok mantan Komisaris Garuda Indonesia itu adalah salah satu tokoh ideal di kontestasi Pilpres 2024.

Di tingkat internasional, cicit pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy’ari itu harum namanya. “Misalnya di Timur Tengah, atau Australia, beliau dianggap sebagai tokoh yang didengarkan,” katanya.

Baca juga : Menparekraf: Peran Perempuan Milenial Penting Dorong Ekonomi Kreatif

Apalagi di dalam negeri, para pendukung Gus Dur itu 100 persen mendukung Yenny Wahid. Selain merupakan anak biologis dan ideologis Presiden KH. Abdurrahman Wahid, alumnus Universitas Harvard, Boston itu peduli dengan nasib bangsa ini.

Misalnya, sebagai Direktur Eksekutif di Wahid Foundation. Dari Aceh hingga Papua, putri kedua Gus Dur itu disebutkan selalu bergerilnya menampung aspirasi dan mencarikan solusinya.

“Ada program namanya desa damai, memang tidak dipublikasikan. Tidak ada pencitraan. Beliau juga penasihat politik Presiden SBY lho, bersih, tidak ada kasus korupsi,” bebernya.

Baca juga : Kapolda Papua Minta Bupati Puncak Deketin KKB

Pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini sempat berdiskusi dengan Yenny ihwal dukungan akar rumput menghendaki menjadi Capres 2024. Menurutnya, saat ini istri Dhohir Farisi itu dalam posisi menunggu bagaimana dukungan arus bawah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.