Dark/Light Mode

Moncer Di Bursa Capres

Spanduk Anies For Presiden Bertebaran Di Karawang…

Sabtu, 9 April 2022 08:00 WIB
Baliho Anies Baswedan for Presiden 2024 di Kota Bekasi. (Foto: Viva/Deni)
Baliho Anies Baswedan for Presiden 2024 di Kota Bekasi. (Foto: Viva/Deni)

 Sebelumnya 
Harapan Masyarakat

AHY menilai, hasil survei dansimulasi SRMC bagian dari harapan masyarakat. Namun demikian, baginya, perpolitikan Indonesia masih dinamis. Apalagi pemilu baru akan digelar tahun 2024.

Baca juga : Dubes RI Untuk Malaysia Hermono Gelar Promosi Terpadu Sebulan Di Malaka

“Sekarang 2022, ke depan rasanya akan dinamis lagi. Karena tentunya bicara politik 2024 pada akhirnya tergantung ikhtiar dari masing-masing parpol dan tokohnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menerangkan, dalam format semi terbuka dengan metode inklusif dan simulasi 43 nama, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 18,1 persen. Ditempel ketat Prabowo dengan elektabilitas 17,6 persen di urutan kedua dan Anies 14,4 persen di urutan ketiga.

Baca juga : Di DPR, Tito Diserang Kawan Dan Lawan

Urutan keempat elektabilitasnya terpantau jauh dari tiga besar, yakni Ridwan Kamil 3,9, disusul nama Megawati Soekarnoputri 3,5 persen, Ahok 3,0 persen, Sandiaga Uno 2,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,5 persen, dan A. Muhaimin Iskandar 2,3 persen.

Sirojudin menjelaskan dinamika nama tiga besar. Dalam setahun terakhir dukungan kepada Ganjar Pranowo naik dari 8,8 pada Maret 2021 menjadi 18,1 pada Maret 2022. Pada periode yang sama, Anies cenderung menguat dari 11,2 menjadi 14,4 persen sementara Prabowo cenderung melemah dari 20 persen menjadi 17,6 persen.

Baca juga : Kadernya Di Bekasi Pasang Baliho Anies For Presiden, PPP: Itu Aspirasi Akar Rumput

Meski demikian, dukungankepada Ganjar tidak tinggi dalam tiga bulan terakhir. Walaupun suara Ganjar mengalami peningkatan signifikan dalam setahun terakhir, namun cenderung datar dan menurun dalam tiga bulan terakhir. Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022. “Kesimpulannya, tiga besar Capres 2024 masih Ganjar, Prabowo, dan Anies,” tutur Sirojudin dalam pemaparan rilisnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.