Dark/Light Mode

Dipukulin Ditelanjangi

Ade Armando Tetap Kuat, Ya

Selasa, 12 April 2022 06:50 WIB
Beginilah kondisi Ade Armando setelah digebukin massa, saat menghadiri aksi 114, di Gedung DPR, kemarin. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).
Beginilah kondisi Ade Armando setelah digebukin massa, saat menghadiri aksi 114, di Gedung DPR, kemarin. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).

 Sebelumnya 
“Kami sangat menyayangkan ada sekelompok yang sengaja memancing di air keruh, yang niatnya bukan untuk melakukan unjuk rasa menyampaikan pendapat, tetapi untuk membuat kerusuhan,” lanjutnya.

Fadil mengaku telah menciduk beberapa kelompok yang diduga ikut mengeroyok Ade. “Besok, mungkin kami akan melakukan upaya penegakan hukum. Mengumumkan identitas pelaku. Jika tak menyerahkan diri, kami akan tangkap,” tegasnya.

Politisi PSI, Grace Natalie, semalam mengabarkan kondisi Ade yang sudah dirawat di RS Siloam, Jakarta. Kata Grace, Ade dalam kondisi sadar dan sudah bisa bercanda.

Sejumlah tokoh, baik yang selama ini sepemikiran dengan Ade maupun yng berseberangan menyampaikan rasa keprihatinan atas peristiwa pengeroyokan brutal yang menimpa Ade.

Baca juga : FISIP UI Kutuk Pelaku Pengeroyokan Ade Armando, Minta Kasus Dituntaskan Secepatnya

Ketua Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer mengecam tindakan kekerasan tersebut dan menyebut pelakunya sebagai teroris demokrasi. Menurutnya, kejadian ini kembali mengguncang rencana rekonsiliasi antara rakyat yang terbelah pasca-Pilkada DKI.

“Narasi mahasiswa dan Ade Armando jelas sama. Mereka menolak pemilu diundur dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode. Jadi kenapa Ade jadi korban juga,” ujar sosok yang karib disap Noel ini dalam keterangannya kemarin.

Dekan FISIP UI Semiarto Aji Purwanto juga angkat bicara lewat keterangan resminya dalam akun instagram @ fisip_ui, kemarin. “FISIP UI prihatin dan memberikan atensi penuh atas kasus pengeroyokan yang terjadi pada Dr. Ade Armando,” tulis Semiarto, kemarin.

Ia menegaskan, kemaslahatan Ade selaku dosen tetap di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI menjadi perhatian pihaknya. Soal kehadirannya dalam demo tersebut, kata Semiarto adalah ranah pribadi.

Baca juga : Dikeroyok Massa Aksi, Ade Armando Babak Belur

“Kami selaku pimpinan FISIP UI mengharapkan perhatian dan upaya penegak hukum untuk menangani kasus pengeroyokan ini dengan sebenar-benarnya,” harapnya.

Mantan Sekretaris Kabinet Dipo Alam juga prihatin melihat peristiwa tersebut. “Salah lokasi? Oh dosen UI? Turut prihatin, janganlah,” tulisnya menanggapi link berita pengeroyokan Ade Armando di Twitter.

Dari pihak Istana juga ikut berkomentar terkait nasip apes yang dialami Ade Armando. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyebut kejadian itu sebagai tindakan para pengecut dan mencoreng wajah demokrasi.

“Saya mengecam tindakan anarkis para pengeroyok terhadap saudara Ade Armando,” kata Moeldoko.

Baca juga : Nikmati Libur Panjang Dengan Tetap Prokes Ya...

Dia menekankan bahwa pemerintah terbuka menerima kritik dan masukan dari masyarakat melalui berbagai saluran, termasuk melalui unjuk rasa. Moeldoko meminta aparat keamanan tidak ragu-ragu mengambil tindakan tegas.

“Cari (pelakunya), temukan, dan tindak tegas,” ujar eks Panglima TNI ini.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), tempat Ade Armando mengajar juga menyampaikan pernyataan sikap. “Kami selaku Pimpinan FISIP UI mengharapkan perhatian dan upaya penegak hukum untuk menangani kasus pengeroyokan ini dengan sebenar-benarnya,” demikian pernyataan FISIP UI melalui akun Instagram resmi @ fisip_ui dikutip, kemarin. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.