Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peluncuran Defend ID Dihadiri Presiden

Erick Senang

Kamis, 21 April 2022 06:40 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri BUMN, Erick Thohir menghadiri peluncuran Holding Industri Pertahanan Defend ID, di Hanggar Fasilitas Kapal Selam PT PAL, Surabaya, kemarin. (Biro Pers)
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri BUMN, Erick Thohir menghadiri peluncuran Holding Industri Pertahanan Defend ID, di Hanggar Fasilitas Kapal Selam PT PAL, Surabaya, kemarin. (Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN meluncurkan holding BUMN industri pertahanan atau Defend ID. Presiden Jokowi ikut menghadiri peluncurannya. Kehadiran Jokowi membuat Menteri BUMN, Erick Thohir senang.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap, holding ini akan meningkatkan kemandirian industri pertahanan Indonesia. “Saya apresiasi pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan, defence industry yang bernama Defend ID, yang sudah lama saya tunggu-tunggu dan saya kejar-kejar terus,” ujar Jokowi, di Surabaya, kemarin.

Baca juga : Sahrul Gunawan: Airlangga Hartarto Sosok Tepat Jadi Presiden Mendatang

Jokowi ingin Defend ID membuat BUMN di sektor pertahanan masuk dalam daftar 50 besar perusahaan dunia pada 2024 mendatang. Selain itu, bisa memperbesar pengadaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari 41 persen menjadi 100 persen. “Saya catat janjinya, saya catat. Defend ID akan menjadi top 50 perusahaan pertahanan dunia,” katanya.

Jokowi juga menargetkan Defend ID menguasai pasar dalam negeri dan mampu bersaing di pasar global. Caranya, ia meminta agar Defend ID bekerja sama dengan beberapa pihak dan negara untuk transfer teknologi ke Indonesia. Namun, syaratnya kita menjadi mayoritas.

Baca juga : Paramount Land, Kembali Luncurkan Maggiore Grande Tahap 2 Di Gading Serpong

Defene ID sendiri merupakan holding yang berisi lima BUMN di bidang pertahanan. PT Len Industri atau Len didapuk menjadi induk holding dengan empat anggota lainnya, yaitu PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Pindad, dan PT Dahana.

Erick menyambut positif peluncuran Defend ID. Menurutnya, peluncuran ini merupakan komitmen Jokowi dalam membangun kemandirian pertahanan nasional.

Baca juga : Instagram Setneg Diserbu Warganet

“Tentu, kita bersyukur atas peresmian holding BUMN industri pertahanan oleh Presiden. Kita harus menindaklanjuti arahan Presiden, agar Defend ID benar-benar menjadi penggerak dalam mewujudkan ketahanan pertahanan nasional,” ucap Erick.

Erick mendorong, PT Len Industri sebagai induk holding, agar mampu mengorganisir transformasi anggota holding industri pertahanan demi mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance. Dia juga berharap, Len bisa membangun keselarasan antaranggota holding di sektor keuangan, pemasaran, operasional, hingga portofolio manajemen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.