Dark/Light Mode

KPK Temukan Uang Terkait Suap Eks Walkot Di Kantor Summarecon Agung

Selasa, 7 Juni 2022 19:08 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah PT Summarecon Agung di Jakarta Timur pada Senin (6/6). Uang terkait dugaan suap pengurusan izin di Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta ditemukan di sana.

"Ditemukan dan diamankan berbagai bukti diantaranya dokumen hingga sejumlah uang," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (7/6).

Baca juga : Summarecon Kena Perkara Lagi Di KPK

Namun, Ali belum mau membeberkan total uang yang ditemukan penyidik. Saat ini, KPK masih menghitung duit itu. "Bukti-bukti tersebut, akan dianalisa kembali dan disita untuk melengkapi berkas perkara dari para tersangka," imbuhnya.

KPK menetapkan mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti sebagai tersangka penerima suap bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Nurwidhihartana dan Sekretaris Pribadi merangkap ajudan Haryadi, Triyanto Budi Yuwono.

Baca juga : KPK: OTT Eks Walkot Yogyakarta Terkait Suap Perizinan Pembangunan Apartemen

Sedangkan, tersangka pemberi yakni Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Tbk, Oon Nusihono. Haryadi menerima USD 27.258 (setara Rp 393 juta) dari Oon melalui Nurwidhihartana dan Triyanto sebagai imbalan menerbitkan IMB Apartemen Royal Kedhaton yang berada di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta.

KPK mengungkapkan, Haryadi menerima minimal Rp 50 juta dalam rangkaian proses penerbitan IMB apartemen Royal Kedathon.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.