Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPU Bingung, Mau Pemilu Tapi Duit Belum Ada

Sabtu, 9 Juli 2022 07:26 WIB
Simulasi pemungutan suara Pemilu 2024. (Foto: Patra/RM)
Simulasi pemungutan suara Pemilu 2024. (Foto: Patra/RM)

 Sebelumnya 
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ikut waswas dengan belum cairkan duit Pemilu 2024. Kementerian yang dipimpin Tito Karnavian itu pun mengingatkan agar semua pihak bertanggung jawab menyukseskan Pemilu.

"Dengan adanya pertemuan antara KPU dan Kemenkeu, mudah-mudahan persoalan anggaran dukungan bisa diselesaikan, dan tahapan Pemilu bisa dilaksanakan sebagaimana yang sudah diagendakan," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benny Irwan, saat dikontak Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Dibuka Menguat, Rupiah Masih Belum Aman

Sementara, Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustofa membela Kemenkeu. Dia meminta KPU tenang. Duit untuk Pemilu pasti ada. Komitmen Kemenkeu bisa dipegang. "Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani sudah menyampaikan kalau anggaran pasti dicairkan," tegas Saan, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Politisi Partai NasDem ini yakin, Kemenkeu tidak akan mengkhianati rakyat. Pemilu akan tetap terlaksana sesuai waktu yang telah ditetapkan. "(Saya) percaya (Kemenkeu). Karena sama-sama punya komitmen untuk menyukseskan Pemilu," imbuhnya.

Baca juga : Amunisi Politik Demokrat Berlipat

Di sisi lain, Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta mendesak Kemenkeu untuk segera mencairkan dana Pemilu. Supaya tidak dicurigai aneh-aneh oleh masyarakat.

"Biasanya, ada agenda politik di balik itu (pencairannya lelet). Untuk menjawab itu, pihak Pemerintah melalui Kemenkeu harus sudah melakukan kewajibannya, dengan mentransfer dana yang sudah disepakati sesuai tahapannya," pinta Suminta.

Baca juga : Black Box Susi Air Ditemukan, Tapi Belum Bisa Dirilis

Sedangkan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa menegaskan, bukan cuma KPU yang berharap Kemenkeu segera mencairkan duit Pemilu, tapi rakyat juga. "Untuk bisa dapat kepastian, tentu harus dibahas bersama dengan Banggar (Badan Anggaran) DPR dan Kemenkeu. Beberapa waktu lalu belum ada kepastian soal ini," ucap Khoirunnisa.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.