Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Woi...Trotoar Untuk Pejalan Kaki, Bukan Buat Motor

Selasa, 26 Juli 2022 08:05 WIB
Ilustrasi. Pemotor yang menerobos trotoar. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. Pemotor yang menerobos trotoar. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meresahkan. Pemotor banyak yang menerobos trotoar di Jakarta saat jalanan macet. Padahal, ada ancaman bagi para pemotor yang nekat melewati area khusus pejalan kaki.

Akun @info_jakartatimur mengung­gah video pendek di Instagram yang me­nampilkan puluhan pemotor menerobos trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Dia meminta masyarakat tidak me­niru kelakuan tidak terpuji tersebut.

“Udah pada tahu kan trotoar. Itu untuk pejalan kaki, bukan untuk kendaraan,” kata dia.

Baca juga : Ganja Untuk Kesehatan Masih Diharamkan Ya..!

Dia menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), trotoar meru­pakan salah satu hak pejalan kaki. Bagi pengendara yang melanggar akan dike­nakan sanksi.

“Bakal terjerat hukuman pidana atau denda Rp 500 ribu,” ujar @info_jakar­tatimur dalam caption-nya.

Akun @davidhamonganhutapea ber­harap kepolisian melihat postingan @info_jakartatimur ini. Dia berharap, ada pengawasan dan tindakan di tempat kejadian perkara. “Pejalan kaki sudah di­langgar hak berjalan kakinya,” kata dia.

Baca juga : Andika Terima Bintang Penghargaan dari Sultan Brunei

Akun @biruputrimalu mengeluhkan trotoar yang seharusnya untuk pejalan kaki malah suka diembat sama pengguna motor. “Kan t*l*l, trotoar untuk pejalan kaki, bukan untuk pengendara motor,” kata @StopPlandemit .

Akun @ninong74 menegaskan, di mana-mana trotoar diperuntukkan untuk penjalan kaki. Kata dia, hanya orang bodoh yang menggunakan trotoar untuk pengendara motor.

“Budaya mengendarai motor ke trotoar karena mau nembus kemacetan mulai sering kelihatan di area Jakarta,” ujar @euniceapril.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.