Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ditahan Polisi

Roy Suryo Acungkan Jempol

Sabtu, 6 Agustus 2022 07:05 WIB
Petugas mengawal mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo (kanan) saat menuju rutan usai menjalani pemeriksaan di Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym).
Petugas mengawal mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo (kanan) saat menuju rutan usai menjalani pemeriksaan di Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym).

RM.id  Rakyat Merdeka - Roy Suryo akhirnya merasakan dinginnya jeruji besi. Mulai tadi malam, mantan Menpora ini ditahan Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

Sebelum ditahan, Roy Suryo menjalani pemeriksaan dulu. Dia tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 13.00 WIB, kemarin. Dia datang seperti orang sakit, karena menggunakan penyangga leher. Namun, polisi tidak begitu saja percaya dengan penampilan Roy. Apalagi, sebelumnya Roy diketahui mengikuti touring dengan komunitas mobil Mercedes-Benz.

Setelah Roy dipastikan sehat, penyidik melakukan proses penyidikan sebagaimana biasanya.

Pemeriksaan kemarin merupakan yang ketiga bagi Roy sebagai tersangka. Pemeriksaan pertama dilakukan 22 Juli 2022. Saat itu, Roy diperiksa selama 12 jam. Roy lalu keluar dari ruang pemeriksaan dengan kondisi sakit dan dibawa menggunakan kursi roda.

Berita Terkait : Polisi Tembak Polisi, Kejadiannya, Kayak Adegan Film Koboi

Empat hari berselang, 26 Juli 2022, Roy diperiksa untuk kedua kali. Saat itu, dia diperiksa selama sembilan jam. Roy lalu keluar dari ruang pemeriksaan dengan bantuan alat penyangga leher. Tidak ada komentar yang diberikan pemilik akun Twitter @KRMTRoySuryo2 selama pemeriksaan pertama dan kedua.

Usai pemeriksaan ketiga, polisi memutuskan menahan Roy untuk 20 hari ke depan.

 

Roy ditahan karena dikhawatirkan menghilangkan barang bukti. Roy pun lalu digiring ke Rutan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pukul 21.34 WIB. Saat dibawa ke ruang tahanan, Roy terlihat lebih tegar. Dia tak lagi seperti orang sakit, meski masih memakai penyangga leher.

Saat disapa wartawan, dia merespons dengan mengacungkan jempol. Namun, tak ada pernyataan yang keluar dari mulutnya.

Berita Terkait : Muncul Ide Baru, Koalisi Tunggal

Penahanan Roy ditanggapi beragam warganet. Kebanyakan setuju Roy ditahan dengan menuliskan narasi ngeledek.

"Roy Suryo sah ditahan malam ini. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang," cuit @rindu_kampungku. "Jumat keramat berlaku buat Mas Panci," ledek @yurikoimoet1.

Bahkan, akun @pn717h mengajak masyarakat me-repost unggahannya yang berkaitan dengan Suryo. "Yang bahagia Roy Suryo ditahan retweet ya," tulisnya.

Ada juga yang meledek dengan menggunakan kata-kata yang sering dipakai Roy saat mengomentari berbagai hal di Twitter. "Ambyar. Terima kasih," tulis @ChusnulCh_

Berita Terkait : Roy Suryo Kena Juga

Namun, ada juga yang bersimpati kepada Roy. Salah satunya akun @GunawanBakrie. "Turut prihatin atas penahanan Bapak Roy Suryo Notodiprojo. Semoga hal ini menjadi pembelajaran yang berharga bagi Anda, khususnya dan bagi masyarakat lain pada umumnya," tulisnya dia. [UMM]