Dark/Light Mode

Kenapa Sambo Nyuruh Bunuh Brigadir J

Motifnya 17+, Anak-anak Tutup Mata

Kamis, 11 Agustus 2022 07:37 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Instagram/mohmahfudmd)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Instagram/mohmahfudmd)

 Sebelumnya 
Sementara itu, kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengatakan, kalau sudah menetapkan tersangka, penyidik mestinya sudah mengantongi motif pelaku. Meski begitu, dia menyerahkan seluruhnya kepada penyidik dalam mengungkap motif.

Ditanyai mengenai motif versinya, Kamaruddin mengatakan, Brigadir J mungkin menyimpan informasi mengenai dugaan kejahatan. Soalnya, kliennya telah mendapatkan ancaman pembunuhan satu pekan sebelum kematian.

Baca juga : Sambo Diancam Hukuman Mati

"Karena almarhum ini sangat disayang Bapak dan Ibu, dianggap atau diangkat sebagai anaknya atau diperlakukan sebagai anaknya membuat yang lain cemburu, sehingga timbul gesekan-gesekan atau pengaduan yang tidak benar," kata Kamaruddin.

Ia pun meminta Presiden Jokowi agar nama kliennya dipulihkan dan ditetapkan sebagai pahlawan kepolisian yang gugur.

Baca juga : Mahfud: Motif Sambo Bunuh Brigadir J Mungkin Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

Sedangkan kuasa hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis, meyakini perbuatan yang disangkakan kepada kliennya didasari motif yang kuat. Arman yakin, kliennya merupakan kepala keluarga yang bertanggung jawab dalam menjaga dan melindungi marwah serta kehormatan keluarganya. Karena itu, ia berharap kasus dugaan pelecehan seksual terhadap istri kliennya juga tetap diproses Polisi.

"Kesaksian Ibu PC telah sepenuhnya disampaikan secara konsisten dan dicatat dalam BAP oleh penyidik. Kami harap tetap diperiksa dan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujarnya.

Baca juga : 31 Personel Polri Diperiksa, 11 Orang Ditempatkan Khusus

Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara Hermawan Sulistyo menduga, motif belum sepenuhnya diceritakan kepada penyidik, karena berkaitan dengan harga dirinya sebagai laki-laki dan perwira tinggi. Kiki, begitu ia disapa, mengatakan, dugaan ini makin kuat apalagi Mahfud sudah memberikan petunjuk bahwa motifnya khusus orang dewasa. Tafsir konsumsi orang dewasa adalah pelecehan seksual yang derajatnya berbeda-beda. Mulai dari pelecehan secara verbal sampai perkosaan. "Nah, ini harus dibuktikan secara scientific,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir meminta publik bersabar mengenai motif pembunuhan Brigadir J. Dia yakin, polisi akan mengungkap secara terang benderang. "Itu nggak usah didorong-dorong. Pasti Bareskrim akan mengumumkan, ndak perlu didorong. Mereka sudah punya SOP-nya," kata Adies, di Jakarta, kemarin.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.