Dark/Light Mode

Setiap Diperiksa Bilang Trauma

Ibu Putri, Tolong Kerja Samanya Ya!

Kamis, 11 Agustus 2022 07:46 WIB
Istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (kanan). (Foto: Istimewa)
Istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (kanan). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tim LPSK melakukan asesmen terakhir kepada Putri di kediamannya di Duren Tiga, Jakarta, Selasa lalu. Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, tak ada informasi yang bisa digali dalam asesmen tersebut.

“Saat dimintai keterangan, yang terucap hanya ‘malu Mbak, malu’. Malunya kenapa, kita tidak tahu. Tetapi berdasarkan pengamatan kami, Ibu P ini butuh pemulihan mental,” kata Edwin, kemarin.

Baca juga : Sambo Bisa Diadili Dengan Tuduhan Kejahatan Kemanusiaan

Ia menjelaskan, asesmen yang dilakukan Selasa lalu adalah penjajakan untuk mengetahui penyebab-penyebab trauma. Menurut dia, Putri mengalami trauma psikis berat dan membutuhkan pemulihan mental yang harus ditangani psikiater. “Beliau selalu menangis, murung, dan tidak bisa memberi keterangan. Tentu ada hal lain yang spesifik diobservasi oleh psikiater,” kata Edwin.

Bagaimana kondisi Putri saat ini? Kuasa hukumnya, Irwan Irawan, mengungkapkan bahwa kondisi Putri itu mulai stabil. Putri sempat mengikuti proses pemeriksaan di Komnas Perempuan. Setelah itu, mengikuti proses penyidikan di Mako Brimob.

Baca juga : Yasonna Minta Kerja Strategis Demi Capai Target

Kuasa hukum Putri lainnya, Arman Hanis, memastikan bahwa kliennya siap diperiksa dalam dugaan kasus kekerasan seksual. Putri siap hadir jika Komnas HAM membutuhkan keterangan. "Sampai saat ini belum ada panggilan dari Komnas HAM. Insya Allah kalau dibutuhkan keterangannya dan kondisi klien kami memungkinkan, klien kami siap hadir," kata Arman.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.