Dark/Light Mode

Kegiatan Satgasus Merah Putih Dihentikan

Warisan Jenderal Tito Dibubarin

Jumat, 12 Agustus 2022 07:15 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto:  NG PUTU WAHYU RAMA / RM).
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: NG PUTU WAHYU RAMA / RM).

 Sebelumnya 
“Satgasus dibentuk saat Tito Karnavian menjadi Kapolri hingga kini,” tegasnya.

Netizen mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mem­bubarkan Satgasus Merah Putih.

“Bubarin aja semuanya Pak. Istri jenderal juga ternyata pakai sopir dan ajudan, abuse of power kalian,” kata @ akusayyidati.

Baca juga : Dirjen Kemendagri Serahkan Bendera Secara Simbolis Ke Tim Pencanangan

Akun @donvallentino mengatakan, langkah Kapolri membubarkan Satgasus Merah Putih sudah tepat. “Akhirnya dibubarin juga. Satgasus sih Satgasus, tapi khusus buat apa,” ujarnya.

Akun @brother_djon memuji kepu­tusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgasus Merah Putih. Kata dia, Kapolri tahu apa yang harus dilakukan untuk membangun ke­percayaan masyarakat “Pak Kapolri keren euy,” katanya.

Menurut @TONZAYKARTONO, se­harusnya Satgasus Merah Putih tidak dibubarkan sampai kasus Irjen Sambo terungkap. Harusnya diperiksa ulang lagi kasus yang pernah di pegang Irjen Sambo. Siapa tahu ada kejanggalan juga.

Baca juga : Optimalkan Asset Recovery, KPK Resmikan Rupbasan Baru Di Cawang

“Kalo tahu malu sih seharusnya re­struktur ulang ya. Jaminannya apa ng­gak ada Sambo Sambo lain,” ujar @ uposishitzu. Cuma buat nenangin euforia kan. Apalagi yang mau dikorbankan,” timpal @daffodils05.

Akun @TolakRKUHP2022 men­gatakan, rakyat akan sangat marah jika Satgasus Merah Putih tidak segera dibubarkan. Akun @DraculaReborn1 me­negaskan, Satgasus Merah Putih unfae­dah. “Bubarkan. Hukum dipecundangi oleh Satgasus Merah Putih,” timpal @ suhardi1110.

“Jika Satgasus Merah Putih dibubar­kan, maka mereka tidak lagi mempu­nyai imunitas. Maka semakin terbuka kesempatan untuk Keluarga Brigadir Yosua mendapatkan keadilan,” kata @ Ganti2Nama.

Baca juga : Pertamina Ngebor Siang Malam Demi Kurangi Impor Minyak

Akun @bayo3103 mengatakan, tidak ada alasan mendasar untuk membentuk Satgasus Merah Putih bersifat non-struk­tural di tubuh Polri. Kata dia, mencermati keberadaan dan dampak yang ditimbul­kannya, baiknya satgas non-struktural ini dibubarkan. “Usut semua dugaan kejaha­tan yang dilakukannya,” tegasnya.

“Selain pembubaran Satgasus Merah Putih, dalang dan otak dalam pemben­tukan satgas tersebut juga perlu diusut. Harus bertanggung jawab, karena tump­ang tindih. Masak ada mabes dalam mabes,” katanya.

Menurut @IxNdheso, awalnya Satgasus Merah Putih dibentuk oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada 2019. Tugas Satgasus Merah Putih, antara lain untuk menangani upaya hukum pada perkara psikotropika, narkotika, tindak pidana korupsi, pencucian uang dan transaksi elektronik. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.