Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rombongannya Dihadang Pendemo BBM

Kiai Ma`ruf Kasih Wejangan Menenangkan

Jumat, 9 September 2022 06:40 WIB
Iring-Iringan Mobil Wapres Maruf Amin Dihadang Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Palembang. (Foto: Istimewa).
Iring-Iringan Mobil Wapres Maruf Amin Dihadang Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Palembang. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM terus berlanjut di sejumlah kota. Di Palembang, pendemo bahkan sempat menghadang iring-iringan mobil Wapres Kiai Ma’ruf Amin. Menanggapi aksi tersebut, Ma’ruf kasih wejangan yang menenangkan.

Aksi penghadangan iringan mobil Ma’ruf itu terjadi di Jalan Simpang 4, Charitas, Palembang, Rabu (7/9). Saat itu, Ma’ruf beserta rombongan hendak menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk kembali ke Jakarta usai melakukan kunjungan kerja di Jakabaring.

Dalam video yang viral terlihat, pendemo yang mengetahui kehadiran mobil Ma’ruf, langsung berhamburan ke tengah jalan. Mereka mencoba menyetop rangkaian rombongan Ma’ruf sambil berteriak.

Baca juga : Menag Kasih Wejengan Lembaga Pendidikan Berbasis Agama

Tak berhasil menyetop mobil sedan hitam bernomor pelat Indonesia itu, beberapa peserta demo mencoba menyetop Alphard hitam yang berada di belakangnya.

Anggota Paspampres dengan sigap melindungi mobil yang membawa Ma’ruf tersebut. Polisi juga langsung membubarkan massa. Mobil rombongan Ma’ruf dapat kembali melintas secara normal.

Menanggapi aksi itu, Ma’ruf menyampaikan boleh-boleh saja berunjuk rasa. Kata dia, demonstrasi merupakan bagian dari implementasi negara demokrasi. Dia hanya berpesan supaya aksi demonstrasi di manapun, dilaksanakan secara tertib dan tidak anarkis.

Baca juga : Kabar Duka, Pendiri PAN Albert Hasibuan Meninggal Dunia

“Tetapi, yang kita harapkan tidak anarkis, tidak menimbulkan kekacauan, tidak menimbulkan kegaduhan, ya disampaikan secara wajar saja apa yang menjadi aspirasinya,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, kemarin.

Soal kenaikan harga BBM, Ma’ruf menyampaikan hal tersebut akibat penyaluran subsidi BBM yang tidak tepat sasaran. Menurut dia, banyak masyarakat mampu yang justru menikmati subsidi tersebut.

Karena itu, Ma’ruf mengatakan pemerintah harus mengambil kebijakan mengalihkan subsidi BBM menjadi bantuan langsung tunai atau BLT agar bantuan dapat benar-benar dinikmati masyarakat yang berhak menerimanya.

Baca juga : Bisnis UMKM dan Perhotelan Di Kaltim Semakin Menggeliat

“Maka ini dilakukan penataan ulang supaya yang menerima itu benar-benar yang menerima. Kalau bahasa kiainya, ya’ta’u kullidzi haqqin haqqahu, memberikan hak kepada orang yang berhak,” kata Ma’ruf.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.