Dark/Light Mode

Rombongannya Dihadang Pendemo BBM

Kiai Ma`ruf Kasih Wejangan Menenangkan

Jumat, 9 September 2022 06:40 WIB
Iring-Iringan Mobil Wapres Maruf Amin Dihadang Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Palembang. (Foto: Istimewa).
Iring-Iringan Mobil Wapres Maruf Amin Dihadang Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Palembang. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Meski terjadi kenaikan harga, Ma’ruf mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan bantalannya untuk masyarakat kurang mampu. “Selama ini subsidi tidak sampai (ke sasaran), karena itu diambil. Karena (subsidi) diambil, maka bansos BBM yang kita berikan. Jadi, kita mulai lakukan penataan-penataan,” kata Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf menyebut yang terjadi saat ini bukan kenaikan harga BBM, melainkan penyesuaian atau normalisasi pada harga keekonomian. Menurut Ma’ruf, situasi global saat ini membuat harga BBM cukup tinggi.

Baca juga : Menag Kasih Wejengan Lembaga Pendidikan Berbasis Agama

Mengenai dampak kenaikan harga BBM terhadap upaya memberantas kemiskinan ekstrem di tanah air, Ma’ruf menjelaskan, pemerintah mengandalkan bantuan sosial untuk menekan hal tersebut.

“Karena kita sudah memberi bantalannya melalui bansos ini, kita harapkan tidak terlalu berpengaruh tapi akan terus kita amati. Pemerintah akan terus memantau akibat-akibat daripada itu dan terus untuk menjaga. Karena pemerintah kan sudah punya target kemiskinan ekstrem 2024 nol persen,” kata Ma’ruf.

Baca juga : Kabar Duka, Pendiri PAN Albert Hasibuan Meninggal Dunia

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi menyampaikan hal serupa. Kata dia, demonstrasi merupakan bagian dari implementasi negara demokrasi, sehingga dapat dilakukan secara tertib dan tidak anarkis.

“Ini adalah negara demokrasi, siapa saja boleh menyampaikan aspirasi, yang penting berlangsung secara tertib, tidak melanggar peraturan, dan tidak terjadi anarkis,” kata Masduki.

Baca juga : Bisnis UMKM dan Perhotelan Di Kaltim Semakin Menggeliat

Lebih lanjut, Masduki menambahkan, Ma’ruf menilai bahwa penyampaian aspirasi melalui demonstrasi merupakan hak yang dimiliki oleh warga negara.

Adapun, terkait kondisi di lapangan saat peristiwa berlangsung, Masduki menyebutkan bahwa perjalanan Ma’ruf tetap berjalan normal. Walaupun sedikit tersendat, namun tetap dapat berjalan lancar, khususnya berkat bantuan pengamanan dari jajaran tim pengaman wilayah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.