Dark/Light Mode

Korban Gempa Khawatir Duitnya Nggak Diganti Pemerintah

Jumat, 30 Desember 2022 09:05 WIB
Warga Cianjur perbaiki rumah pakai dana pribadi. (Foto: Istimewa).
Warga Cianjur perbaiki rumah pakai dana pribadi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @salmannursaid26 mengatakan, sistem reimburse sulit diterapkan dalam pembangunan rumah pasca gempa. “Memangnya pengobatan di sebuah perusahaan bisa dirembes, ngaco negeri dagelan,” katanya.

Akun @fadlicuy mencium bau-bau birokrasi reimburse yang rumit dan nge­jelimet. Nantinya, masyarakat disuruh membawa dokumen ini dan itu. Kata dia, para pejabat lupa bahwa rumah mereka roboh sehingga dokumen yang diperlukan pun ikut hilang.

Baca juga : Taman Kota Tarutung Didorong Jadi Pematik Wisata

“Ujung-ujungnya kaya di Lombok, cuma sebagian aja yang diganti, sebagian lagi nggak jelas,” ungkap @jf__nyanda.

Akun @prhsta mengungkap, may­oritas warga penyintas gempa Cianjur mengeluhkan sistem reimburse biaya perbaikan rumah. Dari 40 persen dana stimulan yang telah diberikan, diminta bisa menyelesaikan perbaikan rumah hingga 100 persen.

Baca juga : Demokrat Bosan Oposisi

Menurut @FransElius2, perlu dilurus­kan lebih dulu mekanisme bantuan untuk para korban gempa Cianjur. 1. Siapa dari Pemerintah yang memberikan bantuan? 2. Bagaimana caranya? 3. Siapa yang berhak? 4. Kapan cairnya? 5. Siapa yang menanganinya/ke mana mendapatkan/mengurus bantuan tersebut?.

“Belajar dari gempa Lombok yang cu­kup lama pula cairnya. Semoga bantuan untuk Cianjur, cepat cair dan tidak sampai dikaitkan menjelang pilpres atau Pemilu 2024,” ujar @BuchroniK

Baca juga : Berantas Mafia Tanah, DPRD Dan Pemprov DKI Perkuat Sinergi Dengan Pemerintah Pusat

Sementara, @yudhiyustira22 yakin Pemerintah akan mengembalikan dana pribadi warga yang digunakan untuk membangun rumah. Kata dia, berdasar­kan pengalamannya sebagai korban gempa Palu 2018, terima bantuan setelah Lebaran 2020.

“Wicis, bantuan itu riil, bukan asal janji mengada-ada. Biasalah ada prosesnya,” ungkapnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.