Dark/Light Mode

Soal Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

KPK Sentil OC Kaligis

Selasa, 24 Januari 2023 07:30 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Antara).
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Kaligis mengemukakan ada dua persoalan utama dari perkara Lukas Enembe. Selain persoalan hukum, ia menyoroti masalah kesehatan yang dialaminya.

Ia pun meminta Ketua KPK Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Firli Bahuri mengizinkan istri Lukas, Yulce Wenda bisa men­jenguk suaminya setiap saat.

Hal itu menurutnya merupa­kan sebuah hak asasi yang harus dipenuhi KPK. Begitu juga dengan dokter dari KPK yang menangani Lukas Enembe.

Baca juga : Tak Lagi Dibantarkan, Lukas Enembe Kembali Jalani Penahanan Di Rutan KPK

Kaligis mengatakan jangan sampai keterangan dokter justru menghalang-halangi hak istrinya untuk berkunjung.

Menurutnya, Lukas sedang mengidap penyakit ginjal kronis stadium 5. Ia berharap tidak ter­jadi hal buruk kepada Lukas saat ditahan KPK. “Kalau ada apa-apa, yang bertanggung jawab Ketua KPK,” imbuhnya.

Terakhir, Kaligis meminta KPK tidak memaksakan pe­nyidikan terhadap Lukas jika kondisi kesehatannya semakin buruk.

Baca juga : Kasus Korupsi Lukas Enembe, KPK Dalami Dana Otsus Papua

Merespons pernyataan Kaligis, KPK menandaskan saat ini suami Yulce itu dalam kondisi sehat.

KPK menetapkan Lukas se­bagai tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua. Lukas diduga menerima suap Rp 1 miliar dari Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijatono Lakka.

Selain itu, Lukas diduga men­erima gratifikasi yang berhubun­gan dengan jabatan sebesar Rp 50 miliar. Dalam mengusut kasus ini, KPK telah memblokir rekening dengan nominal Rp 76,2 miliar. Diduga rekening itu milik Lukas dan istrinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.