Dark/Light Mode

Podcast Ngegas Dengan Agun Gunandjar Sudarsa

7 Kali Ikut Pemilu, 2024 Politik Uangnya Kenceng Banget..

Rabu, 3 Juli 2024 08:00 WIB
Politisi senior Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa. (Foto: Feri/RM)
Politisi senior Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa. (Foto: Feri/RM)

 Sebelumnya 
Menurut Agun, pilar utama demokrasi adalah parpol. Jika ingin demokrasi berjalan sehat, parpolnya harus kuat. “Dan kekuatan itu butuh biaya,” tegasnya.

Sayangnya, beberapa periode terakhir, ada dana bantuan kepada parpol dipangkas menjadi Rp 108 per suara. Seketika, kekuatan parpol goyah, dan membuka ruang bagi pengusaha untuk ambil bagian.

Ada kaitan dengan money politic? Tidak juga. Kata Agun, jika fungsi rekrutmen parpol benar dalam menempuh kaderisasi, tentu biaya politik tidak akan semahal seperti saat ini.

Baca juga : Belum Dibahas Sudah Dibatalkan

“Saya bicara soal fungsi representasi dan rekrutmen dalam menjalankan tata kelola parpol. Jadi harus ada sertifikasi kompetensi,” ujar anggota DPR enam periode ini.

Sekadar informasi. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencatat perputaran uang selama Pemilu 2024 mencapai Rp 80 triliun. Duit sebanyak itu keluar dari kantong-kantong politisi, mulai dari partai, calon legislatif (caleg), incumbent, dan pejabat aktif.

Kata Agun, hari ini justru terjadi kemunduran demokrasi. Bahkan, sudah bertolak belakang dengan cita-cita reformasi. “Kalau tata kelola parpol seperti ini, apa yang bisa diharapkan, misalnya tentang fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan,” keluhnya.

Baca juga : NasDem Gelar Nobar Film Habibie & Ainun

Lantas apa solusinya? Kata Agun, jadikan parpol kembali sehat. Saat ini, ada 10 parpol yang lolos ke parlemen. Ia usul agar masing-masing parpol diberi dana bantuan Rp 1 triliun per tahun.

Dengan begitu, parpol tidak lagi bergantung pada pengusaha maupun seorang bandar. Terlebih, APBN 2024 mencapai Rp 3.325 triliun. Dengan memberikan Rp 10 triliun kepada parpol untuk keberlangsungan demokrasi, tidaklah mahal.

Agun mengakui, saat ini kinerja parlemen tengah disorot masyarakat. Namun, bantuan Rp 1 triliun kepada parpol merupakan cara instan untuk menjadikan fungsi parlemen kembali kuat.

Baca juga : Sekjen Banteng Utamakan Kader

Terkait kekhawatiran dana parpol bakal jadi bancakan, Agun menepisnya. “Itu kan asumsi yang dibangun supaya parpol tetap lemah. Semua biaya tadi itu ada regulasinya,” tegas Agun.

Sehingga, ketika ada parpol yang menyelewengkan dana tersebut harus mendapatkan sanksi yang berat. “Jadi bukan cuma dipecat, tapi juga dipenjara,” pungkas Agun. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 3 Juli 2024 dengan judul Podcast Ngegas Dengan Agun Gunandjar Sudarsa, 7 Kali Ikut Pemilu, 2024 Politik Uangnya Kenceng Banget..

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.