Dark/Light Mode

Warganet Omongin Kejagung

Gedungnya Terbakar, `Tikusnya` Hangus?

Senin, 24 Agustus 2020 05:41 WIB
Gedung Kejaksaan Agung saat kebakaran (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Gedung Kejaksaan Agung saat kebakaran (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung memunculkan spekulasi soal pelaku dan juga nasib perkara yang ditangani. Di medsos, muncul berbagai kelakar dan meme soal ini. Ada yang serius. Lucu-lucu. Ada juga yang menohok.

Salah satu meme memperlihatkan, ada seorang reporter televisi sedang mewawancarai warga yang diilustrasikan dengan sosok Bu Tejo dari film “Tilik” dan Marsha dari film “Marsha and The Bear”. "Apa yang Anda saksikan ketika gedung Jaksa kebakaran?" tanya reporter itu. "Tikus, tikus," jawab Marsha. "Kabur?" tanya reporter lagi. "Kegirangan," timpal Marsha, sembari nyengir. Si reporter ikut tertawa.

Baca juga : Usut Kebakaran Gedung Kejagung, Polda Metro Petakan Saksi-saksi

Lainnya, sejumlah tokoh bertanya-tanya dan berharap kebakaran Gedung Kejagung tidak membuat proses hukum terhenti. "Mudah-mudahan api bisa segera dipadamkan dan kasus tak ikut terbakar," tulis Waketum Partai Gerindra Fadli Zon melalui akun Twitternya @fadlizon.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengaku tidak ingin suudzon. Hanya saja, kebakaran itu bersamaan saat lembaga yang dipimpin Jaksa Agung ST Burhanuddin memproses kasus-kasus kelas kakap. "Saat Kejagung tangani perkara-perkara sensitif seperti Jiwasraya dan Joko Tjandra, Gedung Kejagung terbakar. Publik jadi ingat kebakaran Gedung BI saat kasus BLBI. Kita prihatin. Tapi alhamdulillah, Kejagung pastikan berkas penanganan perkara aman. Agar tak terulang, usut tuntas!" pintanya di akun @hnurwahid.

Baca juga : Usut Kebakaran Gedung Kejagung, Polda Metro Jaya Terjunkan Tim Labfor dan Inafis

Para warganet ikutan berkomentar. Kebanyakan, mengaitkan kasus kebakaran ini dengan para tikus alias koruptor yang tengah ditangani Kejagung.

“Mungkin di Kejaksaan Agung banyak 'tikus' yg grogotin kabel, konslet dah,” tulis @detektive88. “Tikus-tikus senang Kejaksaan Agung terbakar,” sahut @botaisipelaut. “Gedung Kejaksaan Agung kebakaran, tikus berdasi tertawa melihat ini,” timpal @heiyvitak.

Baca juga : Gedung Kejagung Terbakar, Mahfud Jawab Isu Sabotase

Menko Polhukam Mahfud MD memastikan, berkas perkara terkait mega skandal Jiwasraya, kasus Djoko Tjandra, dan juga Jaksa Pinangki, aman. “Data-datanya, berkas-berkas perkaranya aman, 100 persen aman," tegas Mahfud, dalam konferensi pers virtual, tadi malam.

Dia menegaskan, dalam kondisi seperti ini, tak ada niatan dari pemerintah menutup-nutupi kasus tertentu. "Pemerintah tidak pernah ada niatan untuk menyembunyikan kasus, menyembunyikan orang, dan sebagainya," tegas eks Ketua MK ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.