Dark/Light Mode

Biaya Perawatan Pasien Covid Ditanggung Pemerintah

Masih Ada RS Tidak Jalankan Kepmenkes

Sabtu, 3 Oktober 2020 10:59 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, pemerintah menanggung biaya perawatan pasien Virus Corona di seluruh rumah sakit (RS) di Indonesia.

Hal itu kembali ditegaskan lantaran berdasarkan hasil pantauan satgas Penanganan Covid-19 masih mendapati beberapa laporan kasus pasien mempertanyakan soal tagihan biaya RS .“Pertanyaan ini kami nilai wajar, mengingat pemerintah sebelumnya telah menegas-kan pembiayaan Covid-19 di-tanggung sepenuhnya oleh pemerintah,” kata Wiku dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Puncak Kasus Corona Tidak Bisa Diprediksi

Wiku mengatakan, hingga kini masih ada RS yang tak menjalankan aturan ke putusan Menteri kesehatan (Kepmenkes). Dia mengingatkan, jangan sampai ada RS yang merekomendasikan perawatan di luar standar yang ditanggung oleh pemerintah.

Karena itu, seluruh RS diimbau mengevaluasi pelayanan yang dilakukan selama ini dengan merujuk pada algoritma tata laksana Covid-19 yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan disusun oleh lima perhimpunan profesi dokter di Indonesia.

Berita Terkait : Tuh Kan, Pak Mahfud Ngeri Kalau Begini Nih

Lima perhimpunan itu yakni Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter anak (IDAI), Perhimpunan Dokter spesialis anestesiologi dan terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) dan Perhim punan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).
 Selanjutnya