Dark/Light Mode

Seluruh Gubernur, Pangdam, Kapolda Bakal Ditelepon

Cegah Lonjakan Kasus Corona, Ketua Satgas Covid Minta Seluruh Kepala Daerah Larang Kerumunan

Kamis, 19 November 2020 13:03 WIB
Seluruh Gubernur, Pangdam, Kapolda Bakal Ditelepon Cegah Lonjakan Kasus Corona, Ketua Satgas Covid Minta Seluruh Kepala Daerah Larang Kerumunan

 Sebelumnya 
Para tokoh ulama, tokoh masyarakat atau siapa pun dapat menunda segala bentuk aktivitas, yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan.

"Bagi yang berniat akan menggelar acara, maka saya ingatkan, tugas kita melakukan pencegahan. Para tokoh, ulama harus menjadi teladan, memberi contoh. Mencegah agar tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan," kata Doni.

Seperti yang terjadi di Jakarta, jika terlambat dicegah, dan saat massa sudah berkumpul, maka ketika dibubarkan sangat berpotensi terjadi gesekan.

Baca juga : Awas, KPK Susah Lari

"Maka, saya minta kepada semua pemimpin di daerah untuk melakukan pencegahan. Mengingatkan, agar apa yang terjadi di Jakarta minggu lalu tidak terulang di tempat lain," tegas mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus ini.

"Kalau massa sudah berkumpul dan kita bubarkan, maka bisa terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Pasti jatuh korban. Makanya harus tegas sejak awal, agar kerumunan yang melanggar protokol kesehatan tidak terjadi. Ingat, Covid ini nyata. Bukan konspirasi. Yang meninggal di Indonesia sudah lebih 15 ribu orang, dan dunia lebih 1,5 juta jiwa," imbuhnya.

Doni berjanji, akan menelpon satu per satu Gubernur, Pangdam dan Kapolda seluruh Indonesia untuk mengingatkan agar benar-benar menjalankan larangan kerumunan massa.

Baca juga : Gibran Siap `Di-Anies-kan`

"Jika para pemimpin di daerah tegas menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan, maka kita sudah melindungi rakyat kita," paparnya.

Percepatan penanganan membutuhkan peran serta semua pihak. Tanpa dukungan kolektif dari masyarakat, rantai penyebaran Covid-19 akan terus terjadi.

Menghindari kerumunan, salah satunya, menjadi langkah yang nyata untuk memutus rantai penyebaran tersebut.

Baca juga : Polisi Dengar Jeritan Rakyat

"Upaya bersama dalam perubahan perilaku dibutuhkan dalam adaptasi masa pandemi ini. Salus populi suprema lex, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," kata Doni. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.