Dark/Light Mode

Kesaksian Para Korban Panitera Rohadi

Keluarkan Duit Jutaan, Tapi Kalah Juga, Amsyong Deh...

Jumat, 26 Maret 2021 06:05 WIB
Mantan panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi. (Foto: ANTARA)
Mantan panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi. (Foto: ANTARA)

 Sebelumnya 
Sementara saksi bernama Danu Ariyanto mengaku kenal lama dengan Rohadi. Ia masih menjadi jaksa di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Danu mengutarakan dia sering meminta bantuan Rohadi. Mulai dari mempercepat keluarnya putusan, penundaan eksekusi hingga penundaan sidang. “Itu permintaan dari klien saya,” kata Danu.

Atas semua permintaan itu, Danu kerap memberikan uang ke Rohadi. Jumlahnya pun bervariasi. Mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengulik isi BAP Danu yang menyatakan memberikan uang ke Rohadi hingga Rp 130 juta. Uang itu diberikan bertahap dalam 21 kali transaksi. “Iya sekitar itu Pak, saya lupa,” jawabnya.

Baca juga : DPR Ingatkan, Impor Beras Bukan Soal Bisnis Semata Tapi Juga Ideologi

Meski sudah banyak memberikan uang, rupanya tidak semua permintaan dapat dipenuhi Rohadi. Namun Danu tidak pernah meminta uang kembali.

Penuturan yang sama disampaikan Otto De Ruitter. Ia pernah mendatangi Rohadi agar membantu mengurus perkara di MA. Awalnya, dia pergi ke MA untuk mencari informasi perkara yang sedang ditangani. Di MA ia bertemu seseorang yang mengarahkannya agar bertemu Rohadi. Namun, Otto lupa nama orang itu.

“Orang (itu) bilang ada namanya Rohadi bisa bantu-bantu di PN Jakarta Utara. Saya tanya rumahnya di mana, lalu saya datang ke sana,” ujar Otto.

Baca juga : PPI Salurkan Obat-Obatan Ke Kalsel

Setelah mendapatkan alamat Rohadi, Otto langsung bertandang. Rohadi bersedia membantu dan meminta dana operasional Rp 25 juta.

“Setelah itu saya transfer. Kalau enggak salah satu atau dua hari dia (Rohadi) telepon. Dia bilang enggak bisa. Ya sudah good bye,” ucap Otto.

Otto tidak menagih Rohadi agar mengembalikan uang. Ia merasa kesalahan ada pada dirinya. Lantaran percaya begitu saja kepada Rohadi.

Baca juga : Anies Ngotot Jual, Tapi Digagalkan Banteng DKI

“Saat itu saya sedang ada rezeki, jadi ya sudahlah, saya ikhlasin saja,” tutur Otto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.