Dark/Light Mode

Ketika Lansia Berani Vaksin, Tanda Indonesia Akan Sehat Lagi

Sabtu, 3 April 2021 06:44 WIB
Lawancovid19_id mengunggah meme beberapa vaksinator melakukan vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah orang. Di dalamnya ada pernyataan, KIPI vaksin Astra Zeneca termasuk ringan. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).
Lawancovid19_id mengunggah meme beberapa vaksinator melakukan vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah orang. Di dalamnya ada pernyataan, KIPI vaksin Astra Zeneca termasuk ringan. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

 Sebelumnya 
Penjelasan serupa dilontarkan @KemenkesRI. Dia bilang, sejauh ini, pelaksanaan vaksinasi belum ditemukan KIPI yang serius. Kata dia, gejala maupun reaksi yang muncul bersifat ringan dan dapat diatasi.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena manfaat vaksinasi jauh lebih besar dibanding­kan risikonya,” katanya.

“Ringan tapi jelas ada. Perlu menjadi per­hatian juga,” sahut Yon Purba.

Baca juga : Di Rumah Saja, Mawas Diri Dan Jangan Berbuat Ceroboh

@blogdokter menimpali. Dia bilang, efek samping pemberian vaksin AstraZeneca me­mang demam, sakit kepala dan mual. Kondisi ini bisa diatasi dengan minum paraceta­mol dan akan hilang dalam 1 sampai 2 hari.

“Pasca pemberian vaksin AstraZeneca, saya mengalami demam, pusing, lelah. Sehat kem­bali dalam 1 hari setelah minum paracetamol,” aku @achmadniam.

Menurut @UNICEFIndonesia, pemerintah sudah memastikan vaksin AstraZeneca yang digunakan untuk program vaksinasi nasional, aman, bermutu dan berkhasiat. Vaksin tersebut telah melalui serangkaian pengujian ketat sesuai dengan standar WHO.

Baca juga : Vaksinasi Covid-19 Sentuh Perbankan Dan Pasar Modal

“Mari sukseskan program vaksinasi seba­gai bentuk komitmen kemanusiaan melawan pandemi Covid-19. Selamatkan jiwa, sela­matkan keluarga, selamatkan kehidupan kita bersama,” ajak @nahdlatululama.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia sudah mendatangkan 53,5 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dan AstraZeneca. Dia menambahkan, vaksin akan datang lagi di waktu-waktu mendatang.

“Vaksin-vaksin ini aman dan halal. Jangan ragu untuk divaksinasi. Kita berpacu dengan waktu,” pesan dia.

Baca juga : 5 Tips Hindari Darting Jelang Vaksinasi Covid-19

“Saya siap divaksin Pak. Istri sudah karena dia nakes. Semoga pandemi segera berlalu,” timpal Daniel Ginting.

“Ketika #LansiaBeraniVaksin, itu tandanya Indonesia akan semakin sehat kembali,” harap Melani. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.