Dark/Light Mode

Klaster Lebaran Terus Diungkit

Klaster Wisata Juga Diperhatikan Dong...

Sabtu, 8 Mei 2021 07:30 WIB
Dua orang sedang menonton acara televisi yang menampilkan informasi tentang kenaikan jumlah kasus positif Covid- 19 setelah libur panjang. (Foto : Instagram @satgas.relawan)
Dua orang sedang menonton acara televisi yang menampilkan informasi tentang kenaikan jumlah kasus positif Covid- 19 setelah libur panjang. (Foto : Instagram @satgas.relawan)

 Sebelumnya 
“Kondisi pandemi membuat kita harus memilih tidak (berpergian). Pengalaman telah menunjukkan bahwa mobilitas tinggi pada libur panjang menimbulkan lonjakan kasus baru Covid-19 & peningkatan angka kema­tian,” jelas @dinkesjateng.

Menurut @pt_jamkrindo, adanya kenaikan kasus Covid-19 usai libur panjang menjadi cata­tan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan larangan mudik. “Mari peduli juga soal orang tua/saudara kita di kampung halaman yang berisiko tertular,” kata @bandungpemkab.

Baca juga : Wisma Atlet Bersiap Tampung Pasien Baru Pasca Lebaran

Akun @Dnok_Ayu menegaskan, pemerin­tah tidak akan mengeluarkan larangan yang mencelakakan rakyatnya. Termasuk soal laran­gan mudik Lebaran. Sebab, angka kenaikan Covid 19 tercatat saat libur panjang.

“Jangan diartikan larangan mudik semata-mata cuma larangan, tapi bertujuan kes­ehatan & keselamatan bersama agar tidak tertular atau menularkan Covid-19,” kata @Mjhonsamosir.

Baca juga : Indonesia Masuki Fase Rawan Ledakan Covid-19

Menurut AlbertSolo, Satgas Covid-19 me­waspadai adanya kemungkinan terjadinya lon­jakan kasus baru Covid-19 yang cukup tinggi pasca libur panjang Lebaran nanti. Mereka waswas, Indonesia bernasib sama seperti India dan Malaysia, yang mengalami lonjakan kasus baru Covid-19 yang cukup tinggi.

Namun akun Anjak tidak setuju, meningkat­nya kasus Covid-19 karena libur panjang. Kata dia, selama libur panjang banyak masyarakat yang justru istirahat di rumah. “Jadi tertibkan itu lokasi-lokasi tempat orang kumpul-kum­pul,” saran dia.

Baca juga : Sedikit Saja Lengah, Corona Bakal Mudah Cepat Menyebar

“Jangan klaster libur panjang dan Lebaran terus yang diungkit. Klaster tempat wisa­ta harus diperhatikan,” sambung Jimmy Tjendraputro. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.