Dark/Light Mode

Maret 2022, Pemilu 2024 Dimulai

Pak Jokowi Masih Utak-atik Wamen

Sabtu, 5 Juni 2021 07:50 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Siapa Wamen Baru?

Di saat pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu sedang utak-atik jadwal pemilu 2024, Presiden Jokowi sedang sibuk utak-atik posisi wamen di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Baca juga : Jokowi Masih Khawatir

Penambahan wamen itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kemenpan-RB yang ditetapkan 19 Mei 2021 lalu. Aturan ini menggantikan Perpres No 47 Tahun 2015.

Dalam pasal 2, tertulis Wamen diangkat dan diberhentikan oleh presiden untuk membantu kerja menteri di Kementerian PANRB.

Baca juga : Pak Jokowi Naik Pitam

Di Pasal 2 ayat 3 disebutkan mengenai posisi wamen yang berada di bawah menteri dan bertanggung jawab terhadap menteri. Lalu pada ayat 4 merinci tugas wakil menteri yang dijabarkan pada ayat 5 yaitu: membantu menteri dalam perumusan atau pelaksanaan kebijakan Kementerian PANRB.

Bagaimana tanggapan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo terkait hal ini? Poltisi PDIP itu mengapresiasi jabatan wamen PANRB yang akan ditunjuk Presiden Jokowi. “Sebagai pembantu Presiden, mengapresiasi dan siap melaksanakan tugas sesuai dengan Perpres tersebut,” kata Tjahjo, kemarin.

Baca juga : Pak Jokowi, Jangan Gagal Fokus Saat Reshuffle!

Siapakah calonnya? Tjahjo mengaku belum mengetahui. Menurutnya, penunjukan wamen merupakan hak prerogratif presiden. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada presiden.

Tepatkan saat ini Jokowi angkat Wamen? Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komaruddin menyayangkan. “Harusnya, Presiden fokus pada hal lain, seperti persiapan pemilu. Apalagi pemilu tahun 2024 digelar serentak,” sarannya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.