Dark/Light Mode

Batasi Hajatan Warga Hingga Wisata Religi

Kendalikan Covid-19 Bukan Cuma Teori, Harus Ada Aksi

Selasa, 15 Juni 2021 05:13 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Foto : BNPB).
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Foto : BNPB).

 Sebelumnya 
Keenam, mulai mengantisipasi kenaikan kasus pada periode libur Idul Adha yang akan datang. Antisipasi peningkatan mobilitas penduduk, terutama di pusat perbelanjaan dan tempat wisata, serta tradisi halal bihalal, kunjungan keluarga, ziarah makam, kerumunan penonton prosesi penyembelihan kurban dan lain sebagainya.

Netizen mengatakan, strategi apa pun dari pemerintah untuk mengendalikan pandemi sulit efektif jika tidak didukung oleh masyarakat.

Ycalv1n mengajak publik mendukung berbagai upaya pemerintah mengendalikan pandemi. Di antaranya, mendukung program vaksinasi, sukseskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan patuhi protokol kesehatan.

Baca juga : Setelah 14 Hari Vaksinasi, Boleh Donor Darah...

Untungku2000 justru meminta pemerintah pusat dan daerah bersikap tegas dan adil dalam pengendalian dan penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Kata dia, keseimbangan tegas dan adil dalam penerapan peraturan Covid sangat diperlukan.

“Jangan menyucikan yang di atas. Jangan meludahi orang-orang yang di bawah. Berempatilah kepada nakes yang sudah lelah jatuh bangun menangani Covid-19 lebih dari setahun,” katanya.

Sehatsurabayaku mengatakan, upaya pence­gahan dan pengendalian Covid-19 bukan hanya ranah bidang kesehatan saja. Semua pihak ber­tanggung jawab memutus mata rantai Covid-19.

Baca juga : Jangan Remehin Varian Baru Covid-19, Lindungi Keluarga

Menurut PrasetyoEdi_, upaya pemerintah mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan 3T(tracing, test­ing dan treatment) harus terus dilakukan secara simultan. Kata dia, jangan pernah kasih kendor disiplin prokes supaya pandemi cepat berakhir. “Jaga diri, lindungi negeri,” ajaknya.

Mikirdoeloe mengapresiasi pemerintah yang masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19. Kata dia, pemerintah terus melaku­kan pemeriksaan dini, pelacakan, perawatan dan vaksinasi Covid-19 pada sejumlah kelom­pok prioritas.

Pranandapaloh mendukung apa pun strategi pemerintah mengendalikan penyebaran pande­mi. “Bagi saya pribadi, vaksinasi satu langkah baik dalam mengendalikan laju pandemi ini,” tambah irfahudaya.

Baca juga : Jangan Dipaksakan, Tunggu Kasus Covid-19 Melandai Saja

“Menarik ini, walau semuanya pernah di­jalankan, cuma masalahnya muncul ketika implementasi. Misalnya PPKM Mikro akhirnya memunculkan eksepsional. Yang saat ini masih sangat diperlukan adalah 3K (komunikasi, koor­dinasi & kolaborasi),” tutur jogjapokeid. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.