Dark/Light Mode

PTM Terbatas Digelar Juli

Sekolah Harus Minta Izin Pemda Sama Orangtua Murid Lebih Dulu

Jumat, 18 Juni 2021 05:07 WIB
Sejumlah siswa mengikuti pelajaran tatap muka di MTs Al Mujahidin Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto : ANTARA/Adiwinata Solihin).
Sejumlah siswa mengikuti pelajaran tatap muka di MTs Al Mujahidin Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto : ANTARA/Adiwinata Solihin).

 Sebelumnya 
Akun @Desty007 menimpali. Kata dia, Satgas Covid-19 sudah memberikan kelong­garan untuk pelaksanaan PTM bagi sekolah yang berada di zona hijau virus Corona. Dia berharap, anak-anak kembali semangat belajar seperti sebelum ada pandemi Covid-19.

“Orangtua dan masyarakat diharapkan men­ingkatkan fungsi tim yang terlibat dalam Satgas Covid-19 di sekolah,” saran @ginabicara.

Akun @raukandt meminta PTM terbatas tidak tergantung pada ketersediaan vaksin. Kata dia, anak-anak yang bersekolah memiliki ting­kat risiko relatif rendah dan dapat dikelola.

Baca juga : Tenang, Virus Corona Varian India Masih Dapat Ditangkal

“Tapi konsekuensi menjauhkan mereka dari ruang kelas sangat serius dan luas jangkauan­nya,” ujarnya.

Wongjowo mengatakan, orangtua murid berharap uji coba PTM terbatas dapat terus berlanjut. Soalnya, sekolah online tidak efektif untuk anak-anak.

“Anak lebih banyak bermain ketimbang belajar selama proses sekolah daring akibat pandemi Covid-19,” ungkap dia.

Baca juga : Perketat Kembali Jalur Mudik, Awasi Mall Dan Tempat Wisata

Menurut @melfeyadin, saat ini sudah ada sekitar 30 persen sekolah yang melaksananan pembelajaran tatap muka. Dia bilang, persentase ini naik dari sebelumnya yang cuma 21 persen.

“Semoga semangat anak-anak berangkat sekolah tetap ada. Kasian kelamaan di rumah terus,” kata dia.

Sebelum PTM dibuka, @been_kyu meminta wali murid membuat surat pernyataan tidak akan menuntut pihak sekolah kalau ada apa-apa. Kata dia, jangan sampai sekolah sudah meng­gelar PTM terbatas, tapi mennanggung risiko tuntutan dari orangtua/wali murid.

Baca juga : Kendalikan Covid-19 Bukan Cuma Teori, Harus Ada Aksi

“Sebelum menyelenggarakan PTM terbatas, selain infrastruktur dan SOP, izin dari orangtua juga mutlak,” sambung @dbrahmantyo. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.