Dark/Light Mode

Semua Merek Vaksin Efektif Lawan Covid

Sabtu, 31 Juli 2021 07:00 WIB
Vaksin Sinovac terbukti ampuh menghadapi berbagai macam varian virus Corona. (Foto : KPCPEN).
Vaksin Sinovac terbukti ampuh menghadapi berbagai macam varian virus Corona. (Foto : KPCPEN).

 Sebelumnya 
Akun @herru_b menimpali. Dia mengaku suntik vaksin Sinovac pada April lalu. Dia merasakan demam, namun tidak menularkan ke keluarganya. “Kalau istri disuntik vaksin bukan Sinovac sempat demam dan menular­kan kepada saya,” ungkapnya.

Menurut @pengabdirakyat, vaksin Sinovac lebih aman dan efek sampingnya lebih terba­tas dibanding Pfizer dan Moderna. Kata dia, penggunaan Sinovac juga lebih menenteram­kan untuk publik yang khawatir dengan efek samping vaksin Pfizer atau Moderna.

Berita Terkait : Beneran Nih, Nggak Di-PHP?

“Kebetulan aku dapat vaksin Sinovac, abis vaksin nggak terlalu berasa banget efeknya. Paling banter ngantuk sama laper saja,” tim­pal @katanatara.

Menurut @dokterimun_id, semua vaksin sama efektivitasnya dalam mencegah kema­tian dan rawat inap. Dia pun menyarankan masyarakat tidak menunda suntik vaksin karena ketersediaan tidak bisa diprediksi.

Berita Terkait : Siapkan Diri Dengan Vaksinasi, Jalani Prokes Dan Jaga Perilaku

“Kita nggak tahu datangnya kapan, ada Sinovac ambil, ada AZ ambil, ada Moderna ambil, ada Pfizer ambil,” saran @dokter­imun_id.

Untuk membuktikan vaksin Sinovac am­puh atau tidak, @nicholas.f.g menyarankan masyarakat yang sudah divaksin sebanyak dua kali untuk mengecek antibodi di laboratorium. Pengalamanya, ketahanan vaksin cuma dua bulan. “Kalau bisa enam bulan itu mukjizat,” kata dia.

Berita Terkait : Pemda Lamban Testing Dan Lelet Vaksinasi, Apa Perlu Disanksi?

“Manut saja sama pemerintah, karena apa yang diinstruksikan pasti yang terbaik untuk rakyatnya. Kondisi seperti ini yang terbaik adalah manut biar pandemi cepat selesai,” ujar @wulan_poeja.

Akun @baharudin1969 menegaskan, vak­sinasi Covid-19 adalah langkah penting untuk mencapai kekebalan komunal. Kata dia, ada sekitar 208 juta penduduk Indonesia, termasuk usia 12-17 tahun yang perlu divaksinasi. [TIF]