Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Semua Jenis Vaksin Sama Manfaatnya

Apa Pun Mereknya, Jika Tak Jaga Prokes Tetap Saja Diincer Corona

Rabu, 25 Agustus 2021 06:18 WIB
Seorang dokter memperlihatkan vaksin Moderna untuk dosis ketiga (booster) bagi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dumai, Riau, (23/8). (Foto : ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc).
Seorang dokter memperlihatkan vaksin Moderna untuk dosis ketiga (booster) bagi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dumai, Riau, (23/8). (Foto : ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc).

 Sebelumnya 
“Tidak ada satu produsen yang bisa memenuhi 426 juta dosis vaksin bisa dikirim ke Indonesia sampai tahun ini. Jadi, harus ada vaksin dari berbagai sumber,” kata Nadia.

Netizen meyakini semua merek vaksin sama manfaatnya. Karena itu, masyarakat tidak perlu bingung, apalagi pilih-pilih vaksin merek ter­tentu. Vaksinlah dengan vaksin yang tersedia, apa pun mereknya.

Akun @NKRI_Qu mengungkapkan, efek­tivitas vaksin sudah terbukti. Hasil evalu­asi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, vaksin mampu menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 dan mengurangi perawatan dan kematian.

Baca juga : Duh, Banyak Pemda Abai Penanggulangan Covid-19

“Semua merek vaksin sama manfaat dan mutunya. Sama efektifnya,” kata @Arinabila_. “Semua vaksin yang ada di Indonesia efektif melawan berbagai varian virus Corona, ter­masuk varian Delta,” sambung @Amara_Mu.

Menurut @Betzebella05, yang berbeda dari vaksin Covid-19 adalah reaksi terhadap tu­buh. Pasalnya, masing-masing kondisi tubuh penerima vaksin berbeda-beda. “Yang jelas siapkan diri. Jangan lupa makan sebelum vaksin dan istirahat yang cukup,” saran dia.

“Setuju, merek apa pun vaksinnya, fungsi tetap sama,” tegas @s1b4d. “Tentunya sudah melewati uji klinis,” sambung @Xelford_C. “Tenang saja, vaksin yang diberikan aman kok. Jangan sampai termakan hoaks,” tambah @Cchapl1n.

Baca juga : Pemda Begini, Jangan Didiamkan

Akun @FaGtng menegaskan, vaksin pi­lihan pemerintah, merek apa pun pasti yang terbaik. Dia bilang, misi pemerintah hanya satu; melindungi masyarakatnya dari paparan virus Corona.

“Intinya, segera vaksin lebih baik. Keamanan dan efektivitas vaksin sudah dipastikan oleh pemerintah. Jadi jangan khawatir dan pilih-pilih merek,” tegas canyllw.

Akun @its_funnie mengatakan, menunggu dan memilih merk vaksin tertentu justru bisa membahayakan. Tidak ada jaminan selama waktu tunggu vaksin tidak terinfeksi virus Corona. Manusia tidak pernah tahu kapan dan di mana virus menyerang. “Ayo vaksin, apa pun merek vaksinnya,” ajaknya.

Baca juga : Netizen Geleng-geleng Kepala

“Ya kalo nunggu vaksin nggak kena Covid sih alhamdulillah. Misal, jeleknya sambil pilih-pilih vaksin lalu kena Covid? Kalau ringan ya bisa isolasi mandiri (isoman). Kalau berat? Hanya Allah yang tahu. Nggak sekalian nunggu vaksin yang cuma sekali suntik?,” kata @couronne08.

Sementara @Flying_bird0510 mengingatkan pentingnya mentaati protokol kesehatan (prokes) selain ikhtiar ikut vaksinasi. Kata dia, disuntik dengan merek vaksin apa pun, selama tidak taat prokes, tetap pontensial terpapar Covid-19.

“Mau pilih vaksin Sinovac, AstraZeneca, Pfizer atau vaksin Nusantara pun, kalau kita nggak taat prokes ya tetap diincer Covid-19,” ujarnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.