Dark/Light Mode

Pemilu Dan Pilkada 2024 Dianggarkan 100 Triliun

Demokrasi Berat Di Ongkos

Senin, 13 September 2021 08:05 WIB
Ilustrasi pemilu serentak tahun 2024. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pemilu serentak tahun 2024. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Anggaran yang membengkak cukup besar, salah satu (karena) diusulkan honor KPPS,” kata Pramono, dalam diskusi akhir pekan, kemarin.

Ia berharap, usulan anggaran tersebut bisa disetujui DPR. Tentunya, setelah Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan, program, dan jadwal Pemilu bisa segera diputuskan. Peraturan tersebut menjadi dasar pelaksanaan Pemilu 2024. Dari PKPU inilah, besaran anggaran yang dibutuhkan bisa diperkirakan.

Baca juga : Pegadaian Telah Menyuntikkan 16.000 Dosis Vaksin Secara Gratis

Sebelumnya, Ketua KPU, Ilham Saputra berharap, Komisi II DPR bisa segera menyetujui anggaran pelaksanaan Pemilu 2024. Ia khawatir akan ada masalah kalau anggaran cair terlambat. Mengingat tahun 2022, KPU harus mulai tahapan Pemilu dengan melakukan verifikasi partai dan pembentukan KPPS Luar Negeri.

Apa tanggapan pemerintah? Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan bagian Anggaran Bendahara Umum Negara Kemenkeu, Dwi Pudjiastuti Handayani mengatakan, pihaknya menunggu alur Pemilu 2024 selesai. Kata dia, alokasi anggaran Pemilu 2024 dilakukan secara tahunan dengan memperhatikan tahapan penyelenggaraan pemilihan di tiap tahunnya.

Baca juga : AHY: Bersikap Kritis Bukan Berarti Lawan Pemerintah

“Jadi ketika ketemu hari H-nya kemudian kita bisa tarik mundur, itu jatuhnya pada bulan apa, harus sudah dimulai bendera start dikibarkan,” kata Dwi.

Dia bilang, Kemenkeu berpedoman pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Baca juga : Jelang Piala Sudirman, PBSI Gelar Simulasi Beregu

Sementara, tahapan Pemilu 2024 akan berlangsung selama 25 bulan, sehingga Kemenkeu akan merencanakan anggaran tahunan untuk Pemilu 2024 sekitar tiga kali.

Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera menilai dana yang bakal dikeluarkan untuk Pemilu 2024 memang sangat besar. Dengan anggaran yang besar itu, dia berharap, semua pihak mengawal betul proses demokrasi lima tahunan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.