Dark/Light Mode

Penahanan Alex Noerdin Tutup OTT Kalsel

Jaksa Agung, Diam-diam Menghanyutkan Juga Ya!

Jumat, 17 September 2021 07:50 WIB
Kejagung menetapkan Alex Noerdin sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD PD PDE Sumsel periode 2010-2019. (Foto: Istimewa)
Kejagung menetapkan Alex Noerdin sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD PD PDE Sumsel periode 2010-2019. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Adies juga menyampaikan, Golkar prihatin atas musibah yang menimpa Alex, karena hal tersebut terjadi secara tiba-tiba. “Kami akan mencermati dan mempelajari kasus apa yang menimpa yang bersangkutan, baru akan mengambil langkah-langkah partai selanjutnya,” ujar Adies.

OTT KPK Di Kalsel

Baca juga : Alex Noerdin Diperiksa Selama 6 Jam, Dicecar 56 Pertanyaan

KPK menetapkan tiga tersangka dalam OTT di Kalsel. Mereka terjerat dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara pada 2021 sampai 2022.

“Ditetapkan setelah dilakukan berbagai bahan keterangan dugaan tindak pidana korupsi,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Mantan Wakil Jaksa Agung Mohamad Hasan Meninggal Dunia

Marwata mengatakan, tiga orang yang dijadikan tersangka itu yakni pelaksana tugas (Plt) Kadis PU pada Dinas PUPRT Kabupaten Hulu Sungai Utara Maliki. Dua tersangka lainnya berasal dari pihak swasta, yakni Marhaini, serta Fachriadi.

KPK menyita uang Rp 345 juta dari OTT tersebut. Sejumlah dokumen terkait perkara juga disita oleh penyidik. Mereka semua langsung ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya ditahan selama 20 hari terlebih dahulu.

Baca juga : Permintaan Anies di HUT DKI, Jangan Pandang Lonjakan Covid-19 Sekadar Statistik

Dua peristiwa hukum itu, ikut menjadi perhatian warganet. Eks Sekretaris BUMN, Said Didu juga ikut mengomentari kasus tersebut dengan menyampaikan pujian kepada Kejaksaan Agung.

“Kejaksaan Agung mulai lebih menggigit dari KPK,” cuitnya dalam akun @msaid_didu. “Kejaksaan Agung Mantep... Ini orang Golkar yang punya pengaruh di Sumsel-Pusat!! Bravo @KejaksaanRI,” timpal @YusufNusantara1. “Sekarang yang di pusat bagian Kejagung, yang receh-receh di daerah urusan KPK,” sindir @Aidy_Gooners. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.