Dark/Light Mode

Jokowi Terbang Ke Jawa, Lalu Ke Luar Jawa

Ekonomi Digas Lagi

Jumat, 15 Oktober 2021 08:15 WIB
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi kawasan Puncak Waringin usai meresmikan kawasan tersebut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10/2021). (Foto: Setpres/Agus Suparto)
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi kawasan Puncak Waringin usai meresmikan kawasan tersebut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10/2021). (Foto: Setpres/Agus Suparto)

 Sebelumnya 
Setiba di Bandara Internasional Komodo, NTT, Jokowi dan rombongan langsung menuju Terminal Multipurpose Wae Kelambu, yang berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Di pelabuhan itu, Jokowi langsung menuju tempat aktivitas bongkar muatan kapal dengan menggunakan mobil golf. Eks Gubernur DKI Jakarta itu lalu memperhatikan proses bongkar muatan sambil sesekali mendengar penjelasan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Dari sana, Jokowi lalu meresmikan penggabungan Pelindo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kecepatan pembangunan terminal pelabuhan tersebut. Proyek yang dikerjakan di bulan Agustus 2020 itu, kini sudah rampung dan bisa digunakan.

Baca juga : Mendag Ramal Nilai Ekonomi Digital Capai Rp 4.531 Triliun

Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo dibangun untuk memisahkan kegiatan logistik/barang dengan angkutan penumpang yang sebelumnya bercampur di pelabuhan yang lama. Tujuannya untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium.

Jokowi berharap, terminal dan pelabuhan baru ini bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. “Kita harapkan ini bisa kita pakai dalam jangka 15-20 tahun yang akan datang masih memungkinkan, visible, untuk angkutan barang-barang yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, utamanya di Kabupaten Manggarai Barat,” ujarnya.

Baca juga : Tim Pertama Lolos Ke Qatar, Der Panzer Pede Juara Dunia

Dari sana, Jokowi lalu menuju Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, untuk meresmikan penataan Kawasan Puncak Waringin, penataan Kawasan Goa Batu Cermin, dan peningkatan delapan ruas jalan di Labuan Bajo. Sebelum pulang ke Jakarta, Jokowi jalan-jalan sore dulu bersama Ibu Iriana di Kompas Bajo, Puncak Waringin.

Ekonomi Di Jalur Positif

Baca juga : Eks Dirut Pembangunan Sarana Jaya Segera Jalani Sidang

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ekonomi Indonesia sudah berada pada jalur yang positif sejak kuartal II 2021 dengan pertumbuhan 7,07 persen. Kata dia, industri manufaktur telah kembali ekspansif dengan indeks PMI sebesar 52,2 persen pada September 2021.

Beberapa sektor kembali pulih, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi, dan pergudangan. Pulihnya industri membuat kinerja ekspor kembali bergerak. Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus selama 16 bulan berturut-turut dengan surplus pada bulan Agustus 2021 sebesar 4,74 miliar dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.