Dark/Light Mode

Suksesi Pura Mangkunegaran

Hasil Penelitian Sejawaran, Cucu Bisa Jadi Pewaris Tahta

Jumat, 15 Oktober 2021 16:11 WIB
Cucu KGPAA Mangkunegaran VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Ist)
Cucu KGPAA Mangkunegaran VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Mangkunegara VIII, yakni RM Hamidjojo Sarosa adalah anak mbarep (putra pertama) Mangkunegara VII. Tradisi itu tidak berlanjut untuk suksesi selanjutnya.

Mangkunegara IX, yakni Sujiwakusuma memang putra dari RM Hamidjojo Sarosa, tapi bukan anak mbarep. Gusti Jiwo diangkat menjadi Mangkunegara IX karena kakaknya meninggal akibat kecelakaan.

Baca juga : Duta Putra Land Sediakan Hunian Milenial Di Selatan Jakarta

Bagaimana dengan suksesi di Pura Mangkunegaran yang terakhir? Ada tiga kandidat yang mengemuka, dan dianggap layak menjadi adipati menggantikan KGPAA Mangkunegara IX yang telah meninggal.

Ketiganya yakni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, serta Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin.

Baca juga : Kemnaker Matangkan Persiapan Pengiriman Kembali PMI Ke Taiwan

Paundra merupakan putra pertama dari pernikahan Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri, putri Presiden Soekarno. Namun, pasangan ini bercerai.

Kemudian, Bhre Cakrahutomo adalah putra dari pernikahan Mangkunegara IX dengan Prisca Marina Yogi Supardi yang kemudian menjadi permaisuri Mangkunegara IX sampai saat ini.

Baca juga : Dubes Jerman Ina Lepel, Ucapkan Hari Penyatuan Jerman Via Sosmed

Sementara Roy Rahajasa Yamin, juga adalah cucu KGPAA Mangkunegara VIII. Roy juga merupajan cucu Mohammad Yamin, pahlawan nasional yang dikenal sebagai pelopor Sumpah Pemuda.

"Kalau merunut dari sejarah suksesi di Pura Mangkunegaran, ketiganya punya kesempatan yang sama untuk menjadi adipati. Keputusan di tangan keluarga," tandas Susanto. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.