Dark/Light Mode

Suksesi Pura Mangkunegaran

Hasil Penelitian Sejawaran, Cucu Bisa Jadi Pewaris Tahta

Jumat, 15 Oktober 2021 16:11 WIB
Cucu KGPAA Mangkunegaran VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Ist)
Cucu KGPAA Mangkunegaran VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Demikian juga dengan Mangkunegara III atau RM Sarengat juga bukan anak, tapi juga cucu dari Mangkunegara II," imbuhnya.

Jika tahta Mangkunegara II dan III diteruskan oleh para cucu, untuk Mangkunegara IV yang dipegang oleh KPH Gandakusuma adalah menantu sekaligus adik sepupu Mangkunegara III.

Baca juga : Duta Putra Land Sediakan Hunian Milenial Di Selatan Jakarta

Ibu Mangkunegara IV adalah putri dari Mangkunegara II. Selanjutnya, Mangkunegara V, yakni RM Sunita adalah putra kedua dari Mangkunegara IV dari permaisuri kedua, RA Dunuk.

Lantaran Pura Mangkunegaran mengalami defisit keuangan cukup besar kala itu, RM Sunita diganti adiknya, RM Suyitno yang kemudian dinobatkan sebagai Mangkunegara VI.

Baca juga : Kemnaker Matangkan Persiapan Pengiriman Kembali PMI Ke Taiwan

Namun jabatan yang diemban RM Suyitno sebagai Mangkunegara VI tidak lama. Di tahun 1916, RM Suyitno mengundurkan diri dari takhta dan memilih untuk menetap di Surabaya dan aktif di organisasi Budi Utomo.

Penggantinya, Mangkunegara VII adalah Suryosuparto. Dia merupakan salah satu anak dari Mangkunegara V.

Baca juga : Dubes Jerman Ina Lepel, Ucapkan Hari Penyatuan Jerman Via Sosmed

"Ketika Mangkunegara V wafat, Suryosuparto ini masih kecil, dan ketika sudah dewasa didaulat menjadi Mangkunegara VII menggantikan pamannya," tutur Susanto.

Nah, kata Susanto, dari suksesi sejak awal di Pura Mangkunegaran, baru tahta Mangkunegara VIII yang diturunkan pada anak pertama, menggantikan orang tuanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.