Dark/Light Mode

Saudi Izinkan Umrah Ke Jamaah Sinovac

Menkes Jago Lobi

Rabu, 20 Oktober 2021 07:30 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube BPMI Setpres)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
“Jadi, teman saya itu baru dipromosikan jadi menteri haji. Kami sudah beberapa kali melakukan pembicaraan via telepon dan meeting (pertemuan). Sekali di Roma, Italia. Baliau janji bantu. Sampai sekarang Sinovac bisa. Tapi harus karantina lima hari,” beber BGS.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan, syarat karantina sebagai win-win solution. Meski menambah jangka waktu kepulangan ke Tanah Air. Lagipula, dengan lima hari karantina, jamaah Indonesia bisa menghilangkan rindu ibadah di Tanah Suci. Belum lagi ganjaran atas ibadah di depan Kabah.

Baca juga : Smartphone ini Berikan Kenyamanan Menonton Video

“Jadi buat teman-teman yang mau ke Saudi, sudah ada cara. Meskipun karantina lima hari. Tapi kan kalau shalat di sana kan berlipat-lipat kali pahala. Jadi tidak apa-apa ya karantina lima hari,” imbuhnya.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto mengapresiasi, hasil lobi yang dilakukan Menkes. Menurutnya, apapun yang didapat dari negosiasi pemerintah Indonesia-Saudi merupakan hasil terbaik saat ini.“Ya kita syukuri kalau Sinovac sudah diakui. Karantina lima hari kalau memang itu standar kesehatan, apalagi untuk antisipasi penyebaran Covid-19, saya kira tidak apa-apa. Ini tentu akan menambah biaya umrah,” ujarnya saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Salman Raja Tega

Meski begitu, Yandri merasakan, kekhawatiran umat muslim di Indonesia jika durasi umrah diperpanjang. Karena bisa menyebabkan membengkaknya biaya umrah. Di satu sisi ingin beribadah ke Tanah Suci. Di sisi lain, agak berat mengeluarkan biaya terlalu besar di tengah kesulitan ekonomi selama dilanda pandemi.

Politikus PAN ini menawarkan salah satu opsi, dengan harapan bisa menjadi solusi. Untuk menekan biaya umrah yang diprediksi membengkak, ada baiknya proses karantina lima hari digratiskan. Misalnya, memaksimalkan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

Baca juga : Layanan Peti Kemas Pelindo I Meningkat

“Atau pihak travel secara terbuka, dan transparan terkait biaya umrah. Sehingga diserahkan sama calon jemaah untuk menentukan keputusan,” pungkas Yandri. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.