Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mau Wajibkan Lagi Tes PCR

Luhut Tahan Kritik

Rabu, 10 Nopember 2021 07:40 WIB
Menko Maritim dan Investasi yang juga Komandan PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan mengenai Perkembangan PPKM secara virtual, Senin (8/11/2021). (Foto: Setkab)
Menko Maritim dan Investasi yang juga Komandan PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan mengenai Perkembangan PPKM secara virtual, Senin (8/11/2021). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan tes polymerase chain reaction (PCR) yang sudah mulai reda dari hujan kritik, kembali memanas setelah Menko Maritim dan Investasi yang juga Komandan PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan, mewacanakan akan mewajibkan kembali tes PCR untuk syarat perjalanan transportasi. Wacana Luhut ini memang belum jadi keputusan, namun warganet ramai-ramai mengkritik Luhut.

Luhut sebelumnya banjir kritikan karena mewajibkan tes PCR untuk penumpang pesawat. Padahal, pemerintah mengeluarkan kebijakan, penumpang pesawat yang sudah divaksin dua kali cukup antigen.

Berita Terkait : Mahfud Benarkan Satgas BLBI Sita Aset Tommy Soeharto Hari Ini

Waktu itu, kebijakan Luhut yang mewajibkan tes PCR dinilai memberatkan masyarakat karena tarifnya mahal di angka Rp 500 ribuan. Meskipun akhirnya pemerintah menurunkan tarifnya menjadi RP 275 ribu.

Saking banyaknya kritik, pemerintah pun akhirnya kembali mengubah aturan wajib PCR itu. Kini, masyarakat yang mau terbang cukup tes antigen saja.

Berita Terkait : Kabar Baik, Harga Tes PCR Akan Diturunkan Jadi Rp 300 Ribu

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Luhut kembali mempertimbangkan mewajibkan tes PCR lagi untuk mengendalikan mobilitas. “Kita sedang mengevaluasi, apakah nanti penahanan mobilitas penduduk ini akan kita terapkan kembali pelaksanaan dari PCR, itu sedang kami kaji,” kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (8/11).

Wacana itu diutarakan, kata Luhut, karena pemerintah memperhitungkan pergerakan manusia dan kenaikan kasus. “Jangan teman-teman berpikir kita ini tidak konsisten,” tegasnya.

Berita Terkait : PKB Nilai Aturan Naik Pesawat Wajib Tes PCR Langkah Mundur

Menyikapi wacana Luhut akan menerapkan lagi tes PCR bagi penumpang pesawat itu, direspons wakil rakyat di Senayan. Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo meminta pemerintah hati-hati dalam memutuskan kebijakan tes PCR sebagai syarat perjalanan.
 Selanjutnya