Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setoran Ke Ormas Bikin Lebih Nyaman

Rabu, 13 Maret 2019 07:58 WIB
Ngopi - Setoran Ke Ormas Bikin Lebih Nyaman
Catatan :
MUHAMMAD RUSMADI

RM.id  Rakyat Merdeka - Di balik maraknya jajanan kuliner malam hari, selalu ada cerita menarik direnungi. Ini memang masalah PKL dari dulu hingga kini. Jauh-jauh merantau ke Jakarta demi mencari penghidupan.

Tentu, tak selalu semua yang datang lengkap dengan ijazah sekolah tinggi di tangan. Bahkan, punya ijazah pun di Jakarta tak selalu jadi jaminan bisa hidup nyaman.

Baca juga : Pelosi: Pemakzulan Trump Lebih Banyak Mudaratnya

Itu pula agaknya yang dialami Bambang (sebut saja demikian namanya) sekeluarga. Ayah tiga anak ini lebih memilih berjualan seafood di gerobak kaki lima pinggiran jalan.

Sebuah lokasi di pinggiran Jakarta dia pilih. Rezeki harus terus dicari. Salah satu caranya, ya dengan berusaha keras. Lewat kerja kerasnya ini pula, dia mengaku bisa menyekolahkan ketiga anaknya.

Baca juga : Koran Bekas Naik Daun

Meski sekadar berjualan di pinggir jalan. Tapi Bambang mengaku, gerobaknya tidak mengganggu pejalan kaki, karena memang tidak berada di trotoar jalanan. Juga tidak mengganggu arus lalu lintas, karena posisinya memang tidak memakan bahu jalanan.

Bahkan, banyak warga yang merasa nyaman bersantap malam di warungnya dan banyak warung lainnya di sebelah Bambang berjualan. Namun tetap saja, dia punya mekanisme pembayaran lapak kepada ormas tertentu.

Baca juga : Kabupaten Serang Ditetapkan Sebagai Wisata Syariah

Ini yang sepertinya menarik. Per bulan, Bambang harus setor “iuran” sekitar Rp 600 ribuan. Dengan setor segitu, dia tinggal terima beres! Maksudnya, sudah aman dari uang preman atau pungutan-pungutan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.