Dark/Light Mode

Yin Dan Yang

Senin, 11 Januari 2021 05:58 WIB
Ngopi - Yin Dan Yang
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Yin Yang, lengkapnya disebut Yin Yang Mao Dun Guan, adalah filosofi Tiongkok kuno. Sederhananya, dua kekuatan yang bertolak belakang, tapi saling melengkapi dan membangun.

Berita Terkait : Wafatnya Teman Orang-orang Kecil

Kalau ingat Yin Yang, saya ingat sosok dua bos di kantor: Sugihono alias Bang Ono dan Kristanto alias Bang Kris. Di mata saya, Yin adalah Bang Ono. Yang-nya, Bang Kris. Bang Ono cerewet, lantang, meledak-ledak, spontan. Bang Kris sebaliknya, tenang, kalem. Bicara kalau ada perlunya, atau kalau tertarik dengan tema obrolannya.

Berita Terkait : ONO Panggil Saya Tulang

Kalau mereka berdua ketemu, perbedaan itu akan semakin tampak. Obrolan keduanya biasanya begini: “Kris, kacau nih, bla bla bla bla”. Bang Ono nyerocos. Bang Kris cuma menjawab singkat dengan nada menyeret-nyeret sambil mengangguk-anggukkan kepala. “Iya, iya, iya….”.

Berita Terkait : Pesan Terakhir ONO

Itu perbedaannya. Persamaannya, ada? Tentu. Keduanya sama-sama redaktur yang hebat. Tulisannya bagus. Analisanya tajam. Dan yang pasti, keduanya baik sama junior-juniornya di kantor. Nggak jumawa. Ini serius, nggak sekadar puja-puji basa-basi.
 Selanjutnya