Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dengan Coolroofs Project, Suhu Kelas SD di Tangerang Bakal Lebih Adem

Sabtu, 26 Oktober 2019 16:31 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (tengah) mengoleskan bahan bahan coolroofs (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (tengah) mengoleskan bahan bahan coolroofs (Foto: Dok. Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Tangerang, Arief R, Wismansyah meresmikan berjalannya Coolroofs Project untuk atap SD yang ada di Tangerang. Proyek ini merupakan kerja sama Pemkot Tangerang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan University of Florida sebagai mitra lokal dan internasional.

Kerja sama ini bersifat science to develop policy melalui keikutsertaan dalam kompetisi Million Coolroofs Challenge. Kerja sama memanfaatkan dana hadiah dari kompetisi yang sebelumnya diikuti. Ada 3 lokasi yang dijadikan pilot project. Yaitu SDN Pabuaran Tumpeng 1, PT Mayora, dan Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Untuk peluncuran, dilakukan di SDN Pabuaran Tumpeng, Kamis lalu.

Baca juga : PLN Sukses Terangi Desa Umera Di Pulau Gebe

"Kita fasilitasi tempat dan areanya. Nanti jika sudah terlihat hasilnya, metode ini akan kita kembangkan dan distribusikan ke kampung-kampung tematik yang ada di Kota Tangerang," jelas Arief dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (26/10).

Arief menjabarkan, alasan dipilihnya ketiga lokasi tersebut sebagai pilot project. Yaitu berdasarkan kerentanan kesehatan penghuni bangunan terhadap kualitas iklim mikro serta bangunan-bangunan yang menggunakan penyejuk udara dan tidak menggunakan penyejuk udara. 

Baca juga : Cegah Macet, Rest Area di Tol Cikampek Bakal Ditutup

"Tujuannya adalah agar terciptanya suhu lingkungan yang nyaman di kota Tangerang. Jika suhu ruang tidak panas lagi, pasti pemakaian penyejuk udara otomatis akan berkurang dan menurunkan suhu bumi, sehingga efek dari pemanasan global bisa diminimalisir," imbuh Wali Kota.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan dan Usaha, Universitas Pendidikan Indonesia, Didi Sukyadi, menyebutkan bahwa ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan MOU antara UPI dan Pemkot Tangerang pada Maret tahun 2019 perihal Coolroofs project. 

Baca juga : IRSA 2019 Masuki Tahap Penjurian, Ini Tata Kelola Keselamatan Jalan di Tangerang

"Alhamdulillah Kota Tangerang adalah salah satu kota yang sangat responsif dalam implementasi MOU tersebut, dukungan dari Pemkot Tangerang pun terbilang tinggi. Cara kerjanya adalah dengan membuat cat yang dapat mendinginkan suhu ruang, kemudian akan diaplikasikan di atap gedung pada tiga lokasi yang telah ditentukan," kata Didi.

UPI yang berkolaborasi dengan Pemkot Tangerang menargetkan 1.000.000 meter persegi sebagai langkah awal implementasi inovasi coolroofs hingga akhir 2020 mendatang. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.