Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Masih Banyak Pemudik Nekat, Penjagaan Harus Lebih Ketat

Senin, 10 Mei 2021 13:28 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga Minggu (9/5) atau hari ketiga sejak diberlakukannya larangan mudik Lebaran, masih banyaknya pemudik yang nekat melakukan perjalanan. Bahkan, ada di antaranya ada yang menerobos barikade petugas hingga nekat memalsukan hasil tes antigen.

Melihat kondisi ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memperketat penjagaan dan meningkatkan pengawasan di setiap titik penyekatan. “Petugas juga harus bersikap tegas dalam menerapkan sanksi bagi pemudik yang nekat menerobos ataupun memalsukan hasil antigen sesuai peraturan yang berlaku,” ucap politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Senin (10/5).

Baca juga : Penjagaan Pelabuhan Diperketat

Agar tidak ada pemudik yang lolos, Bamsoet menyarankan Kepolisian bersama unsur terkait untuk membuat strategi penyekatan yang sulit diterobos. Yaitu dengan menambah jumlah personel yang bertugas di setiap posko pemeriksaan/penyekatan. Dengan begitu, dapat mencegah berulangnya penerobosan barikade petugas oleh pemudik.

“Kepolisian juga perlu mengevaluasi keseluruhan kegiatan penyekatan larangan mudik, mulai dari kesiapan petugas hingga kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan bahan agar lebih mematangkan strategi pelaksanaan larangan mudik untuk ke depannya,” sarannya.

Baca juga : Puan: Larangan Mudik Jangan Ganggu Distribusi Logistik

Untuk masyarakat, Bamsoet meminta tidak nekat melakukan perjalanan mudik. Dia berharap, masyarakat memahami tujuan larangan mudik, yaitu agar tidak terjadinya kembali lonjakan kasus pasca libur dan agar pandemi di Tanah Air segera berakhir. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.