Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Senator Paham Kondisi Daerah, Fadel Usulkan PPHN Jadi Tanggung Jawab DPD

Rabu, 1 September 2021 17:00 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (tengah). (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (tengah). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang salah satunya menetapkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) masih terus digodok. Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) juga terus mensosialisasikan rencana tersebut ke masyarakat luas.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengusulkan bila nantinya betul-betul masuk dalam amandemen UUD 1945, maka PPHN akan menjadi tugas dan tanggungjawab Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Baca juga : Usai Yahya Waloni Dan M Kece, Publik Desak Bareskrim Tangkap Abu Janda Cs

Soalnya, para senator sangat paham dengan kondisi masyarakat dan juga kelanjutan pembangunan yang ada di daerah.

"Jadi nantinya DPD akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), kaitanya dengan masalah keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bapenas) untuk rencana pembangunan jangka panjang," ujar Fadel dalam diskusi publik di Hotel Horrison Grand Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (1/9).

Baca juga : Sore Ini Muhammad Kece Tiba Di Bareskrim, Bakal Langsung Ditahan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu melanjutkan, hal ini dilakukan agar pembangunan di Indonesia bisa terus berkelanjutan dan berkesinambungan, siapapun presidenya.

Wakil Ketua MPR dari unsur DPD ini yakin, usul tersebut akan diterima seluruh fraksi yang ada di DPR. Untuk itu, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan seluruh stakeholder yang ada agar rencana tersebut bisa terlaksana dan diterima semua pihak.

Baca juga : Kepala Daerah Kader Golkar Terus Kerja Keras Tangani Covid-19

Selain itu, senator asal Gorontalo mengatakan, DPD mempunyai peran besar dalam mendorong Dynamic Governance atau pemerintahan yang dinamis.

Pemerintahan yang dinamis adalah pemerintahan yang mempunyai berbagai ide baru, persepsi baru, perbaikan terus-menerus, respon cepat, penyesuaian yang fleksibel dan inovasi-inovasi yang kreatif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.