Dark/Light Mode

Terima Dana Hibah Parpol 28 Miliar

Banteng Jamin Nggak Dipakai Kampanye Caleg

Rabu, 2 Agustus 2023 07:40 WIB
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: dok. DPR RI)
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) telah menerima dana hibah parpol dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebesar Rp 28 miliar. Partai berlambang Banteng moncong putih itu memastikan, pemanfaatannya untuk operasional sekretariat politik.

“Tentu tidak untuk baca­leg,” ujar politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno, ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Anggota Komisi XI DPR itu mengaku tidak mengetahui, ke mana saja aliran dana itu. Namun, alokasinya diserahkan DPP PDIP untuk kebutuhan administrasi partai. Menariknya, dana itu tidak diperuntukkan terhadap bacaleg untuk kepen­tingan kampanye.

Baca juga : PDIP Terima Dana Hibah Parpol Rp 28 M Dari Kemendagri

Dikatakan, bacaleg PDIP sudah mengerti ihwal strategi pendanaan kampanye menuju pesta demokrasi mendatang. Biasanya, bacaleg telah mem­persiapkan jauh hari sebelum mendaftarkan diri. Misalnya, menyiapkan dana perjuangan untuk maju di pesta demokrasi mendatang. Tentu, besaran­nya beragam. Berdasarkan peta politik masing-masing dapil. PDIP memastikan para bacalegnya berkualitas karena telah melalui penyaringan dan pendidikan di Sekolah Politik.

“Soal caleg rata-rata pu­nya sumber (dana) sendiri. Biasanya mereka sudah me­nabung lama sebelum bernyali masuk kontestasi,” ungkapnya.

Apakah dana sebesar Rp 28 Miliar itu cukup mengger­akkan partai sebesar PDIP? Hendrawan mengungkapkan, partainya memiliki banyak sumber dana perjuangan yang tidak mengikat. Termasuk, pen­danaan gotong royong semua pihak yang memiliki semangat perjuangan bersama. “Kegiatan partai banyak didanai dari sum­ber-sumber pendanaan gotong-royong,” tutupnya.

Baca juga : Hei, Sekarang Bukan Waktunya Kampanye!

Sebelumnya, Sekretaris Jen­deral (Sekjen) PDIP, Hasto Kris­tiyanto mengamini pihaknya telah menerima dana hibah parpol dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Ke­mendagri sebanyak Rp 28 miliar.

Penyerahan dana hibah kepada PDIP dilakukan Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar. Sedangkan dari PDIP diterima langsung oleh Ketua Umumnya, Mega­wati Soekarnoputri di sekolah partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (31/7). “Bantuan keuangan kepada partai politik digunakan sebagai dana penun­jang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik,” ujar Hasto, melalui keterangan tertulis kepada Rak­yat Merdeka, kemarin.

Dirincikannya, selain ditanda­tangani Megawati, dokumen penyerahan dana juga ditanda­tangani Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey. Hasto mengatakan, uang itu digunakan untuk pendidikan politik dan kaderisasi.

Baca juga : Kejaksaan Bongkar Mafia Tanah Di Proyek Nasional

Sehingga, mampu melahirkan para calon anggota legislatif dan kepala daerah yang berkualitas. “Bagi PDIP digunakan untuk pendidikan politik dan kaderi­sasi sehingga PDIP memiliki kepala daerah dan legislatif yang mumpuni,” sambungnya.

Diketahui, dana hibah ke­pada partai di parlemen diberikan Pemerintah setiap tahun. PDIP di tahun sebelumnya juga telah me­nerima dana tersebut senilai Rp 27 miliar. Aturan soal dana hibah partai diatur dalam Permendagri Nomor 78/2020. Jumlah dana yang diterima setiap partai tak sama bergantung pada perolehan suara di parlemen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 2/8/2023 dengan judul Terima Dana Hibah Parpol 28 Miliar, Banteng Jamin Nggak Dipakai Kampanye Caleg

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.