Dark/Light Mode

Munculkan Lagi Ide Penyegaran Kabinet

PSI Mengklaim Cuma Suarakan Aspirasi Rakyat

Senin, 22 Juni 2020 05:55 WIB
Juru Bicara PSI, Dara Nasution (Foto: Instagram)
Juru Bicara PSI, Dara Nasution (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Meskipun PSI juga sadar bahwa penyegaran kabinet adalah hak prerogatif Presiden Jokowi sebagai pemegang mandat rakyat hak ini melekat pada Presiden Jokowi.

Mengenai menteri mana saja yang dianggap kurang baik kinerjanya, Dara enggan menjelaskan. Menurut dia, Presiden Jokowi lebih tahu mana menteri yang kinerjanya baik dan kurang baik. “Siapa-siapa yang perlu diganti tentu Pak Jokowi yang lebih paham,” elaknya.

Baca juga : Kasusnya Dilimpahkan Ke Pengadilan, Legal Manager PT Duta Palma Bakal Segera Disidang

Diketahui, hasil survei terbaru dari Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) yang digelar pada tanggal 9 hingga 12 Juni 2020 di 34 provinsi di Indonesia menyebut 75,6 persen responden setuju dengan reshuffle atau pergantian menteri pada Kabinet Indonesia Maju jilid II.

Sebanyak 20,5 persen responden menyatakan sangat setuju, dan 55,1 persen setuju. Sementara yang tidak setuju dengan reshuffle kabinet hanya 16,9 persen. Sisanya 7,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab.

Baca juga : Tunjukkan Peran Perempuan WNI Dalam Ebook Srikandi

Lantas menteri mana saja yang kinerja baik, Rifan menyatakan dari hasil survei, kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di peringkat atas dengan total 43,7 persen. Untuk posisi kedua ada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Marsudi dengan angka kepuasan 38,0 persen. Di peringkat tiga ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (MenkoPolhukam) Mahfud MD dengan angka 37,9 persen.

Peringkat empat, ditempati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan tingkat kepuasan 37,8 persen. Peringkat lima ditempati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati dengan angka 37,0 persen.

Baca juga : Penunggang Gelap Bansos Melukai Perasaan Rakyat

Di bawahnya, terdapat nama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen dan Menteri Kesehatan Terawan 27,5 persen. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen, Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen.

Sedangkan posisi paling bontot ditempati Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.